Sukses

Polisi dan TNI di Medan Wara-wiri Jelang Pelantikan Presiden

Liputan6.com, Medan - Menjelang pelantikan presiden, Polrestabes Medan dan Kodim 0201/BS patroli bersama di sejumlah kawasan di Kota Medan, Sumatera Utara.

Dandim 0201/BS, Kolonel Inf Roy Hansen Sinaga mengatakan, sebelum patroli dimulai, ratusan personel TNI-Polri menggelar apel bersama di Lapangan Benteng. Kegiatan masuk dalam rangkaian pengamanan Pemilihan Presiden (Pilpres), dan menjelang tahap-tahap akhir.

"Kita melaksanakan kegiatan apel bersama dalam rangka menjaga kondisi Medan yang sudah kondusif," kata Hansen, Sabtu (19/10/2019).

Dandim menyebut, pengamanan juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, khususnya Kota Medan, yang telah ikut menyukseskan pelaksanaan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih. Pelantikan dilaksanakan di Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2019.

"Kita berkomitmen semua tempat aman. Kita bersama-sama, TNI-Polri, menjaga rumah-rumah ibadah, dan tempat-tempat yang memang harus bersama-sama dijaga," ujarnya.

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto menerangkan, dalam pengamanan kali ini pihaknya menurunkan lebih kurang 400 personel kepolisian. Selain itu, dari TNI juga menurunkan personelnya lebih kurang 250 orang.

"Total, 650 personel untuk mengamankan Kota Medan," terangnya.

Selama pelaksanaan operasi pengamanan, TNI dan Polri akan melakukan pendekatan kepada masyarakat sampai langkah-langkah yang bersifat hadir ditengah masyarakat. Sinergitas TNI-Polri menjadi faktor kunci utama untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Kepada masyarakat juga diharapkan jangan khawatir, karena TNI-Polri akan selalu berada di tengah masyarakat menjaga keamanan, khusunya Medan merupakan barometer Sumut," ungkapnya.

Masyarakat juga dimbau untuk melaksanakan aktivitas dengan positif dan jangan coba-coba untuk melakukan gangguan-gangguan terhadap kegiatan, apalagi sifatnya kegiatan yang sudah dalam rangka Pemilu, mengganggu Kota Medan yang kondusif.

"Dalam pengamanan nantinya, semua tempat menjadi perhatian kita dan harus kita waspadai," kata Dadang menegaskan.

Rute patroli bersama yang dilakukan Polrestabes Medan dan Kodim 0201/BS dimulai dari Kantor Dandim, Lapangan Merdeka, Jalan MT. Haryono, Jalan Pandu, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Masjid Raya, Jalan Juanda, Jalan Monginsidi, Jalan Iskandar Muda, Jalan S Parman, Jalan Kejaksaan, Jalan Kapten Maulana Lubis, dan berakhir di Jalan Bukit Barisan.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Sempat Ditolak, Jenazah Bomber Medan Dimakamkan di Kuburan Nenek
Artikel Selanjutnya
Tim Densus 88 Tembak Mati 2 Terduga Teroris di Deli Serdang