Sukses

Inilah 10 Bakal Calon Rektor ITB

Majelis Wali Amanat Institut Teknologi Bandung (MWA ITB) menetapkan 10 nama bakal calon rektor ITB periode 2020-2025.

Liputan6.com, Bandung - Majelis Wali Amanat Institut Teknologi Bandung (MWA ITB) menetapkan 10 nama bakal calon rektor ITB periode 2020-2025. Jumlah tersebut berkurang 20 nama dari 30 nominee yang telah dibahas diproses lanjutan sebagai bagian dari proses pemilihan rektor ITB melalui sidang MWA ITB pada Kamis (10/10/2019) siang.

Ketua MWA ITB Yani Panigoro dalam keterangannya mengatakan, sebagai bagian dari proses pemilihan rektor ITB, Panel Ahli Pemilihan Rektor periode 2020-2025 yang terdiri dari 14 orang, telah merangkum rekomendasinya melalui rapat tadi pagi.

Rekomendasi tersebut mencakup penilaian dari presentasi dan wawancara nominee tanggal 20-21 September 2019, serta menyimak berbagai masukan tertulis dari stakeholder, dan hasil asesmen kompetensi dan menyampaikannya ke MWA ITB.

"Sesuai dengan peraturan MWA ITB tentang pemilihan rektor ITB kali ini, keputusan telah ditetapkan dengan mempertimbangkan beberapa hal, masukan dari panel ahli serta hasil asesmen nominee yang telah diorganisir oleh panitia pelaksana pemilihan rektor ITB, yang dipimpin oleh Dr Agus Dana," kata Yani.

Sebanyak 10 nama yang ditetapkan yakni Benyamin Sapiie, Bramantyo Djohanputro, Dwi Larso, Edy Tri Baskoro, Gusti Ayu Putri Saptawati, Jaka Sembiring, Kadarsah Suryadi, Reini D Wirahadikusumah, Togar Mangihut Simatupang dan Widjaja Martokusumo.

Lebih lanjut Yani mengatakan, MWA yakin dan percaya keseriusan dari semua pihak, nominee, panitia pelaksana, panel ahli, dan juga MWA, adalah wujud dari kepedulian, semangat, dan tanggung jawab yang luar biasa untuk keberhasilan pemilihan rektor kali ini.

"Keberhasilan ini akan menjadi salah satu modal dasar kemajuan bangsa dan tanah air, dengan kebhinekaan dan toleransi dalam bingkai NKRI," ujarnya.

Sebagai akhir proses tahap II, ke-10 bakal calon rektor yang terseleksi dan telah ditetapkan dalam berita acara MWA ITB, akan mengikuti proses lanjut ke tahap III yaitu ekspos publik pada 24-25 Oktober 2019. Lalu, ada sidang terbuka Senat Akademik ITB 26 Oktober 2019, dan pemilihan tiga calon rektor.

"Ekspos publik dan sidang terbuka yang akan datang, menjadi kesempatan yang luar biasa bagi publik untuk dapat lebih mengenal dan sekaligus mengajukan pertanyaan kepada para bakal calon rektor. Silakan dimanfaatkan agar pemilihan ini akan memberikan hasil yang terbaik," kata Yani.

Yani juga menyampaikan bagi para nominee yang tidak terseleksi menjadi bakal calon rektor, menyampaikan terima kasih atas peran sertanya mengikuti pemilihan sejak pendaftaran berlangsung.

"Setelah pemilihan ini selesai, kami akan memberikan hasil asesmen kepada masing-masing nominee pribadi per pribadi, untuk dapat digunakan sebagai referensi ke depan," ucapnya.

Pemilihan rektor ITB oleh MWA diharapkan sudah akan selesai sekitar 8 November 2019. Tahap akhir ini proses pemilihan melalui sidang MWA yang seyogyanya dihadiri oleh Menteri Ristekdikti.

Simak video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.