Sukses

3 Wilayah Jabar Terdampak Gempa Banten, Bagaimana Kondisinya?

Sekurangnya 21 rumah dan satu fasilitas umum berupa masjid di wilayah Jawa Barat mengalami kerusakan karena gempa bumi bermagnitudo 6,9 di Banten, yang sebelumnya dirilis bermagnitudo 7,4.

Liputan6.com, Bandung - Sekurangnya ada 21 rumah dan satu fasilitas umum berupa masjid di wilayah Jawa Barat mengalami kerusakan usai gempa bumi bermagnitudo 6,9 di Banten, yang sebelumnya dirilis bermagnitudo 7,4.

Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Jawa Barat Budi Budiman Wahyu mengatakan, dari hasil pemantauan Pusdalops PB BPBD Jabar sampai Sabtu (3/8/2019) pukul 07.48 WIB, data sementara yang terdampak gempa di wilayah Jabar terdiri dari tiga wilayah.

Pertama, di Kabupaten Bandung Barat, wilayah yang terdampak tiga kecamatan dengan rincian 4 unit rumah rusak ringan, satu unit rusak sedang dan 1 unit rumah rusak berat.

Sedangkan di Kabupaten Sukabumi wilayah terdampak gempa meliputi enam kecamatan.

"Di Sukabumi, empat unit rumah rusak ringan, enam unit rusak sedang, satu unit rusak berat serta satu unit fasilitas umum berupa masjid rusak ringan," ujar Budiman.

Kemudian kerusakan fasilitas juga terpantau di tiga kecamatan di Kabupaten Garut. Sebanyak satu unit rumah rusak ringan dan tiga unit rusak sedang. Pihak BPBD terus berkoordinasi untuk memantau dampak gempa yang ditimbulkan.

"Koordinasi dengan Kabupaten/Kota terus dilakukan oleh kami. Hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan tidak berpotensi tsunami. Untuk itu kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan informasi BMKG atau PVMBG," ujar Budiman.

Simak Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.