Sukses

Tantangan Ibu Wapres Pada Perajin Kalimantan Timur

Produk kerajinan ditentukan oleh desainnya. Jika perajin tenun Kalimantan Timur sudah siap, ketua Dewan Kerajinan Nasional itu mengajaknya berpameran di Jakarta.

Liputan6.com, Samarinda - Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Mufidah Jusuf Kalla mengunjungi stand perajin dari Kalimantan Timur. Ia langsung berbelanja berbagai kain tenun Samarinda di stand itu.

Mufidah mendatangi stand perajin Kalimantan Timur usai meresmikan kerja sama Kementerian Koperasi dan UKM dengan Dekranas di Hotel Bumi Senyiur, Jl Diponegoro, Samarinda, Kalimantan Timur, Senin (15/7/2019).

Rata-rata stand kerajinan menggelar berbagai aksesoris di koridor hotel. Pernak-pernik anyaman manik-manik, seperti gelang, kalung, hingga tas, dengan motif Kalimantan Timur. Ada yang memamerkan kain tenun khas atau tenun Samarinda setempat.

Mufidah mengaku sangat bergembira karena kedatangannya disambut gembira para perajin. Ditambahkan Mufidah para perajin harus rajin dan mampu berinovasi di bidang desainnya. Tentu saja tanpa menghilangkan ciri khas Kalimantan Timur.

"Faktor utama yang sangat menentukan di bidang produk kerajinan adalah desain. Oleh karena itu, pelatihan, khususnya di bidang desain, menjadi sangat penting karena trennya sangat cepat berubah," katanya.

Jika desain sudah mampu adaptasi dengan keinginan pasar, para perajin harus mulai berani memamerkan produknya di Jakarta. Bagi Mufidah motif kain tenun yang dihasilkan para perajin sudah pantas bersaing secara internasional.

"Tujuan kita untuk itu, supaya tenun Samarinda tradisional ini bisa diperhatikan" katanya.

Simak video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.