Sukses

Antisipasi Macet, Begini Rekayasa Arus Mudik di Jalur Pantura Karawang

Kendaraan yang mengarah ke Jawa Tengah dari Jakarta, bakal dibuang ke jalan arteri melalui gerbang tol Karawang Barat dan gerbang tol Karawang Timur serta Kalihurip.

Liputan6.com, Karawang - Rencana penerapan satu arah pada musim mudik Lebaran 2019 di jalan Tol Jakarta-Cikampek, mulai kilometer 70 atau gerbang tol Cikampek Utama hingga Brebes dinilai bakal berimbas terhadap arus lalu lintas di jalan arteri di wilayah pantura.

Pasalnya, kendaraan yang mengarah ke Jawa Tengah dari Jakarta, bakal dibuang ke jalan arteri melalui gerbang tol Karawang Barat dan gerbang tol Karawang Timur serta Kalihurip. Hal itu akan membuat lalu lintas di jalan non-tol mengalami kemacetan, mulai dari Jalan Jakarta-Cikampek di Karawang hingga Jalur Pantura Cikampek dan Pantura Karawang-Subang.

Kasatlantas Polres Karawang, AKP Bariu Bawana mengatakan untuk meminimalisasi dampak pemberlakuan satu arah ini agar tidak terjadi kemacetan total di wilayah pantura, pihaknya akan melakukan berbagai rekayasa lalu lintas di Karawang.

"Nantinya kendaraan dari tol kita pecah, jadi pengendara dari Jakarta menuju Jawa, apabila terjadi kemacetan, bisa keluar di GT Karawang Barat, Karawang Timur dan Kalihurip, dan melakukan perjalanan mudik via jalan alteri Karawang, jalur pantura untuk menuju Jawa Tengah," kata Bariu Bawana, Rabu (29/5/2019).

Dia menjeskan pemudik yang keluar dari dua gerbang tol tadi langsung menggunakan jalur arteri Karawang, Cikampek-Simpang Jomin, Cikalong langsung pantura Subang hingga Cirebon.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengaktifan Gerbang Tol Baru Cikampek Utama

Sedangkan, untuk kendaraan pemudik keluar Tol GT Kalihurip atau kendaraan dari arah Purwakarta akan diputar dahulu ke arah Karawang. Kemudian berputar arah menuju pantura di Bundaran Dawuan.

"Rekayasa arus di jalan arteri sarana prasarana sudah disiapkan serta petugas sudah bersiaga di tiap-tiap pos ketupat lebaran, untuk kenyamanan para pemudik," katanya.

Bariu juga memperkirakan jalur mudik di jalan arteri Karawang pada musim lebaran tahun ini diprediksi akan dipadati kendaraan pemudik, baik roda empat maupun roda dua, mengingat daerah ini merupakan jalur lintasan utama dari Jakarta menuju wilayah Jawa Tengah. Apalagi dengan adanya pemberlakukan sistem satu arah di jalan tol maka dampaknya akan sangat dirasakan.

Kondisi tersebut juga diperparah dengan pengaktifan gerbang tol baru Cikampek Utama di Km 70 Purwakarta yang merupakan peralihan dari Gerbang Tol Cikarang Utama.

"Jalan satu-satunya, apabila terjadi kamacetan di jalan arteri Karawang. Maka untuk kendaraan roda dua akan dialihkan ke jalan alternatif sebagai jalur khusus pemotor," Bariu menandaskan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.