Sukses

Cegah Virus Cacar Monyet, Suhu Tubuh Penumpang di Pelabuhan Batam Dicek

Batam - Dua thermal scanner (pemindai suhu) tampak terpasang di Pelabuhan Internasional Batam Center, Senin (13/5/2019). Alat tersebut mampu memindai suhu tubuh secara massal.

Pemasangan alat ini dipasang untuk mengantisipasi masuknya virus cacar monyet (monkeypox) dari Singapura. Penyakit ini tengah ramai diperbincangkan usai temuan di negara jiran tersebut.

Koordinator Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) wilayah kerja Batam Center, dr Tiara Sesialia mengatakan, dua alat tersebut dipasang pada pintu masuk kedatangan.

"Pengukur suhu tubuh ini akan melihat suhu normal atau tidak," ujar Tiara, Senin (13/5/2019), seperti dilansir Batamnews.co.id.

Ia menjelaskan suhu tubuh manusia normal memiliki ambang batas sampai 37,5 derajat celcius. Maka ketika seseorang memiliki suhu tubuh 38 derajat keatas, alarm akan berbunyi. 

Suhu tubuh di atas 38 derajat celsius, sebagai salah satu gejala seseorang sedang dalam kondisi sakit. Salah satunya termasuk indikasi terjangkit virus cacar monyet.

2 dari 2 halaman

Belum Ada Kasus Cacar Monyet di Batam

Tiara menyebutkan pihaknya ini belum menemukan kasus dari penumpang di pelabuhan. Namun pihaknya tetap akan mengetatkan kewaspadaan.

"Sejauh ini belum ada temuan," kata dia. 

Ia menyampaikan, thermal scanner ini sudah dipasang di seluruh pelabuhan internasional di Kota Batam. Dan untuk sementara waktu, tidak ada penambahan alat. 

Sementara itu, kondisi pelabuhan internasional Batam Center berjalan normal. Tidak ada tanda-tanda kepanikan dari para penumpang.

Simak berita menarik Batamnews.co.id di sini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Alat Pemindai Virus Cacar Monyet Siaga di Bandara Pekanbaru
Artikel Selanjutnya
Waspada, Cacar Monyet Mengancam Batam