Sukses

Mengenal Matano, Danau Purba Terdalam ke-10 di Dunia

Liputan6.com, Luwu Timur - Danau Matano kini menjadi salah satu lokasi favorit untuk berwisata. Lokasi wisata yang berada di kawasan pegunungan Verbek, Sorowako, Luwu Timur, Sulawesi Selatan ini menyediakan banyak aktivitas air yang dapat memacu adrenalin wisatawan yang berkunjung kesana.

"Iya sekarang pengelolaannya sudah sangat baik. Disana kita bisa naik perahu kano atau rafting hingga snorkling," kata Villary Natalie, salah seorang wisatawan lokal yang berkunjung ke Danau Matano, Rabu, 8 Mei 2019.

Menurut dia, Danau Matano mempunya daya tarik tersendiri sebagai lokasi wisata air yang menarik. Karena selain berwisata air, wisatawan juga bisa mengunjungi gua yang berada di tebing papan yang berada di pinggir Danau Matano.

"Ada peninggalan sejarah disana, seperti tombak, parang, dan peralatan lainnya yang terbuat dari kuningan," jelasnya.

Tiga dari enam gua yang berada di sekitar Danau Matano, berada di bibir danau. Gua tersebut bahkan tembus langsung ke Danau Matano.

"Ada juga gua tengkorang yang berada di sekitar pemukiman warga. Dalam gua itu memang banyak tengkorak manusia yang konon telah ada ratusan tahun yang lalu di sana," jelasnya.

Keindahan lainnya yang disajikan oleh Danau Matano adalah wisatawan bisa mengunjungi sejumlah pulau yang berada di tengah Danau Matano. Jika hendak ke sana wisatawan bisa menggunakan perahu motor dari Matano Yacht Club.

"Sekitar 40 menit naik perahu motor. Di pulau itu kita bisa menikmati buah dan melihat ikan-ikan yang ada di pulu tersebut," ucapnya.

Danau Matano biasanya dipadati pengunjung pada hari libur dan akhir pekan. Pada hari biasa, Danau Matano hanya ramai pada sore hari saja, karena menjadi lokasi warga untuk melihat matahari terbenam.

"Udaranya segar, pemandangan asri. Salah satu lokasi wisata yang recomended lah," tutup Villary.

Danau Matano adalah danau terdalam ke-3 se-Asia dan terdalam ke-10 di dunia. Danau yang memiliki panjang 28 kilometer dan lebar 8 kilometer ini memeliki kedalaman 590 meter. Konon ada banyak ikan purba yang hidup di dasar danau yang berada di ketinggian 382 meter di atas permukaan laut ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading