Sukses

Live Report:PELANTIKAN MENTERI KABINET JOKOWI JILID 2

Gerak Cepat KPU Atasi Kotak Surat Suara yang Rusak Terendam Banjir di Bogor

Liputan6.com, Bandung - Komisioner KPU Provinsi Jawa Barat Nina Yuningsih mengatakan pihaknya akan mengganti 682 kotak surat suara kardus di Kabupaten Bogor yang rusak akibat terendam banjir karena hujan deras yang terjadi pada Minggu, 14 April 2019, sore.

Banjir tersebut memiliki ketinggian sekitar 10 sentimeter. Sehingga sebagian kotak surat suara mengalami kerusakan.

"Jadi benar pada saat petugas kami melakukan packing, kotak surat suara itu masih dalam gudang. Tiba-tiba ada angin puting beliung dan kemudian terjadi bah yang bercampur lumpur sehingga masuk ke dalam gudang," kata Nina saat ditemui di Kantor KPU Jabar, Senin (15/4/2019).

Nina mengatakan, 682 kotak surat suara yang terendam banjir tersebut diperiksa kondisinya. "Sejauh ini ada sekitar 300 kotak yang rusak, sedangkan yang lain kondisinya masih laik kita bersihkan dan keringkan," ujarnya.

Untuk mengatasi kotak surat suara yang rusak, Nina menuturkan pihaknya akan mengganti dengan mendatangkan barang tersebut dari KPU Kota/Kabupaten terdekat.

"Kami mencoba mengatasi dari kotak suara yang tersedia meminjam ke kota/kabupaten lain yang kelebihan stok kotak suaranya," dia menjelaskan.

Meski begitu, menurut Nina, surat suara tetap aman. Hal itu disebabkan karena surat suara sudah berada dalam plastik.

"Sebenarnya kotak suara itu akan dilindungi plastik namun karena masih packing, belum semua dimasukkan ke dalam plastik. Posisi surat suara sendiri sudah diplastik," dia menandaskan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Warga Puncak Bogor Diterjang Angin Kencang saat Tidur Lelap
Artikel Selanjutnya
Perjalanan Menjelajahi Kebaikan Aqua di Kaki Gunung Gede-Pangrango