Sukses

Membelah Dinginnya Pagi di Destinasi Wisata Tirta Wolulas

Destinasi wisata Tirta Wolulas kini telah menjadi salah satu tujuan wisata alternatif saat mengunjungi Yogyakarta.

Liputan6.com, Yogyakarta - Naik kapal menyusuri Kota Yogyakarta kini bukan lagi mimpi. Wisata Tirta Wolulas yang ada di Kelurahan Giwangan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta kini menyuguhkan wisata naik kapal membelah Kota Yogyakarta.

Afdhol Mustaqim pengelola Wisata Tirta Wolulas kepada Liputan6.com mengatakan, pengunjung bisa menikmati beberapa kapal yang tersedia. Pengunjung bisa memilih kapal dayung, karet, maupun mesin.

"Kapal bermesin dua, target kami ada enam kapal," kata Afdhol.

Afdhol mengatakan, saat akhir pekan destinasi wisata Tirta Wolulas ramai dikunjungi wisatawan. Mereka datang dari kota Yogyakarta hingga dari luar Jawa.

"Mulai peningkatan hari libur, Sabtu dan Minggu. Artis Dude Herlino 2017 ke sini, dia juga syuting di sini pakai perahu karet," katanya.

Wisata Tirta Wolulas yang berlokasi di kawasan Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta ini baru dirilis pada 2016. Belakangan, destinasi ini mulai ramai dibicarakan para traveler dan menjadi destinasi wisata alternatif saat berkunjung ke Yogyakarta.

"Kita itu mulai tahun 2016 wisata air di sungai Gajah Wong ini, " katanya.

Afdhol menjelaskan berwisata naik kapal di Wisata Tirto Wolulas dipastikan aman. Walaupun sering terjadi hujan lebat namun debit air di sungai Gajah Wong tidak terlalu tinggi.

"Kemarin hujan seharian, banjir, dan longsor banyak kemarin aja kita biasa saja," katanya.

Selain itu, setiap penumpang kapal juga akan dilengkapi dengan safety prosedur, sehingga menjamin keamanan para pengunjung.

"Kedalaman sungai hanya 120 cm pas di tikungan baru 3 meter. Wisata ini jalurnya 1 kilometer rencana nanti kita akan tambah jadi 2 kilometer," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wisata Murah Meriah

Berkunjung ke destinasi wisata Tirta Wolulas menjadi pilihan menarik saat berkunjung ke Yogyakarta. Selain menyenangkan, menikmati wisata susur sungai ini juga tidak perlu merogoh kocek terlalu mahal.

"Naik perahu biayanya dewasa 5 ribu aja kalo anak-anak 3 ribu," kata Afdhol.

Selain itu pengunjung juga bisa datang rombongan dengan memilih paket yang ditawarkan pengelola. Yaitu biayanya mencangkup hidangan makan dan minum.

"Kalau rombongan ada paket 25 ribu. Sudah termasuk makan dan minum," katanya.

Ia menegaskan walaupun murah namun ia menjadi keselamatan penumpangnya. Sebab, semuanya sudah sesuai aturan wisata air.

"Aman wisata. Kita paai kapalnya lebih lebar jadi untuk safety lebih nyaman," katanya.

Ke depan Afdhol akan mengembangkan wisata air ini menjadi lebih milenial. Selain itu jumlah armada kapal juga akan diperbanyak.

"Kita akan launching wisata malam. Kapal akan ada LED lebih sensasi pas malam hari nanti tapi nunggu cuaca pokoknya," katanya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.