Sukses

Banjir Sentani, Buaya dan Hiu Mampir ke Permukiman Warga

Buaya berukuran besar dan hiu masuk ke permukiman warga usai banjir bandang menerjang Sentani Jayapura.

Liputan6.com, Jakarta Banjir Sentani Jayapura bukan hanya membawa material pasir dari pegunungan. Meluapnya Danau Sentani akibat intensitas hujan yang tinggi juga membuat hewan-hewan yang berhabitat di danau tersebut masuk ke permukiman warga.

Salah seorang warga di kampung Yoka, yang berada di Distrik Heram, Jayapura, mendapati rumahnya disatroni buaya berukuran lebih dari dua meter. Kampung Yoka memang berdekatan dengan Danau Sentani. Diduga buaya yang masuk ke rumah warga tersebut merupakan buaya penghuni danau.

Tak hanya itu, warga juga mendapati anak-anak hiu terdampar ke permukiman warga.  

Peneliti dari Balai Arkeologi Papua, Hari Suroto, mengemukakan pada masa lalu Danau Sentani merupakan bagian dari laut yang menjorok ke darat. "Bagian laut ini, sebelah utara berbatasan dengan Gunung Dafonsoro atau kini Cagar Alam Cycloops. Bagian laut ini terhubung oleh sungai dan mata air dari Cycloops," katanya, seperti dikutip Antara, Selasa (19/3/2019). 

Pergerakan lapisan bumi, kata Hari, kemudian membuat air Danau Sentani yang semula asin menjadi tawar.

"Hiu yang merupakan ikan air asin kemudian beradaptasi dengan air danau dan air sungai atau sumber mata air tawar yang terhubung dengan Danau Sentani. Dalam perkembangannya hiu-hiu ini berubah menjadi ikan hiu air tawar," katanya. 

Dia mengungkapkan, bukti arkeologi menunjukkan adanya motif-motif ikan hiu di Situs Megalitik Tutari. Selain itu, ia menambahkan, Suku Sentani yang tinggal di Pulau Asei menggambarkan ikan hiu pada lukisan kulit kayu.

Hari menuturkan memori Suku Sentani tentang ikan hiu, yang dikabarkan sempat menghilang dari Sentani dan terakhir ditangkap tahun 1970-an, juga tertuang dalam lambang klub sepakbola kebanggaan Kabupaten Jayapura, Persidafon Dafonsoro.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.