Sukses

Berbagi Pengalaman Soal Pelayanan BPJS di Manado

Berbagi pengalaman itu diharapkan bisa memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat terutama para pasien BPJS sehingga makin paham bagaimana caranya menggunakan rujukan online.

Liputan6.com, Manado - Pihak RS Siloam Manado menggelar acara berbagi pengalaman tentang pelayanan rujukan pasien BPJS yang merupakan fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) di Manado dengan kalangan dokter, Senin (25/2/2019). Kegiatan ini dibuka Head Division Business Development, Magdalena Molenar

Magdalena menjelaskan, berbagi pengalaman itu diharapkan bisa memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat terutama para pasien BPJS sehingga makin paham bagaimana caranya menggunakan rujukan online. 

Direktur RS Siloam, dr. Abraham Talumewo, MHSM mengatakan, kegiatan itu untuk melakukan sosialisasi sekaligus berbagi pengalaman dan pengetahuan terbaru tentang layanan rujukan BPJS, sehingga para dokter bisa tahu dan dapat menerapkannya kepada para pasien.

"Melalui pertemuan ini diharapkan bisa membuat masyarakat terutama para pasien BPJS bisa terbantu dan dapat berobat dengan mudah tanpa ada keluhan" kata dokter Abraham di Manado.

Case Manajer BPJS RS Siloam Manado, dr. Frico Talumewo, mengatakan, sebagai rumah sakit tipe B, siloam tetap patuh dan mengacu pada aturan tentang BPJS kesehatan yang ditetapkan dan berlaku di seluruh Indonesia.

"Kami menyampaikan bagaimana teknis rujukan pasien dari FKTP ke rumah sakit tipe C lalu ke B, bagaimana dan apa saja yang harus dilakukan pasien, terutama rujukan dalam jaringan atau online, di mana pasien bisa mengikuti cara-cara yang sudah ditetapkan dan dapat dengan mudah mengikutinya sehingga dapat menerima layanan BPJS" ujar dokter Frico.

Di era JKN sekarang, dia menjelaskan, rujukan online mempermudah pasien rujukan tipe B, tidak ke sana kemari. Semua lewat online lewat web BPJS, trik-trik pemeriksaan apa, sub spesialisasi apa yang bisa langsung dari dokter ke tipe B, tanpa melewati lainnya, pilih opsi tertentu pasien bisa langsung keluar Siloam, tanpa perlu tipe C dan D.

"Ada sarana-sarana yang hanya ada di Siloam seperti MRI dan lainnya misalnya tanpa harus lewat tipe di bawahnya, dan di sini spesialisasi yang bisa langsung di Siloam, katanya.

Dia menegaskan dalam pelayanan BPJS, Siloam sama sekali tidak membeda-bedakan pelayanan semua pasien dilayani sama, dan tidak ada perbedaan, asalkan semua ikut aturan bisa sampai ke tipe A, sebab Siloam mendukung program pemerintah untuk melayani seluruh masyarakat termasuk BPJS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini