Sukses

Tanggul di Bandung Jebol, 3 Orang Tewas

Hujan deras yang mengguyur wilayah Bandung pada Sabtu, 9 Februari 2019 malam, menyebabkan banjir dan tanggul jebol.

Liputan6.com, Bandung - Hujan deras yang mengguyur wilayah Bandung pada Sabtu, 9 Februari 2019 malam, menyebabkan banjir dan tanggul jebol. Sebanyak tiga orang menjadi korban meninggal dunia akibat peristiwa tersebut.

Seperti dilaporkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, sungai di kawasan Jatiendah meluap dan tak bisa menampung debit air.

Dampak yang ditimbulkan dari kejadian tersebut, yakni banjir ke pemukiman warga di Komplek Pasir Jatiendah, Dusun Pasir Jati, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung. Banjir juga berdampak hingga ke Kelurahan Cigending, Kecamatan Ujungberung, yang masuk ke dalam wilayah Kota Bandung.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logsitik BPBD Kabupaten Bandung, Sudrajat mengatakan kejadian tersebut terjadi pada Sabtu malam sekitar pukul 22.00 WIB. Banjir bandang tersebut, kata dia, menyapu 12 rumah warga di Komplek Jati Endah Regency, Dusun Pasir Jati.

Menurutnya, dua rumah yang terkena banjir bandang mengalami rusak berat. Sementara sisanya mengalami rusak sedang.

"Banjir bandang menyapu 12 rumah warga. Dua di antaranya ambruk (rusak berat) dan 10 rumah rusak sedang)," ujar Sudrajat dalam keterangannya, Minggu (10/2/2019).

Dalam kejadian tersebut, terdapat sebanyak 6 jiwa terimbas bencana. Dari jumlah tersebut, tiga orang meninggal dunia, satu orang luka berat, dan dua orang luka ringan. Korban meninggal yaitu Firdasari (35), Nuraini (25), serta Rauvan (17 bulan).

"Hingga saat ini BPBD, Basarnas, Dinas Kebakaran dan Muspika setempat tengah melaksanakan evakuasi dan pencarian warga yang dinyatakan masih hilang. Sementara untuk bantuan BPBD melakukan penanganan darurat berupa pemberian pacul, sekop, garpu," kata Sudrajat.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.