Sukses

Cek Harga Baru BBM Nonsubsidi di Pantura Jawa Barat

Penurunan harga BBM non Subsidi mulai 5 Januari 2019 dengan harga yang menyesuaikan kondisi di setiap daerah termasuk di Pantura Jawa Barat

Liputan6.com, Cirebon - Penurunan harga minyak mentah dunia berimbas kepada turunnya harga BBM Nonsubsidi di Indonesia, termasuk kawasan Pantura Jawa Barat.

PT Pertamina menyatakan sudah menyesuaikan harga ditengah turunnya harga minyak dunia. Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, penurunan harga juga dibarengi dengan penguatan rupiah terhadap dollar Amerika.

"Sudah kita lakukan penyesuaian harga sesuai aturan yang berlaku," kata dia melalui keterangan tertulis, Jumat 4 Januari 2019.

Dia mengatakan, penyesuaian harga BBM Nonsubsidi bervariasi. Namun, Pertamina memiliki acuan nilai penurunan untuk disesuaikan tiap daerah.

Dia mengatakan, turunnya harga BBM juga tak mengurangi pelayanan Pertamina kepada masyarakat.

"Kami telah berkordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk tetap memberikan pelayanan terbaik terutama pelanggan setia produk-produk Pertamina," ujar Nicke.

Dia menyebutkan, jenis BBM yang mengalami penyesuaian harga yakni Pertalite turun Rp 150 per liter, Pertamax turun Rp 200 per liter, Pertamax Turbo turun Rp 250 per liter, Dexlite turun Rp 200 per liter dan Dex turun Rp 100 per liter.

Direktur Pemasaran Retail Pertamina Mas’ud Khamid mengatakan penyesuaian harga BBM Nonsubsidi berlaku mulai Sabtu, 5 Januari 2019 pukul 00.00 waktu setempat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Daerah

"Harga baru nanti berbeda di tiap daerah ya termasuk Pantura Jawa Barat," kata dia.

Dia menjelaskan, perbedaan harga BBM di tiap daerah karena dipengaruhi oleh perbedaan besaran Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) di masing-masing daerah.

Mas’ud menambahkan, Pertamina akan terus mengevaluasi secara berkala harga BBM sesuai dengan dinamika harga minyak mentah dan nilai tukar rupiah di pasar global.

Dia berharap penyesuaian harga dapat meningkatkan loyalitas masyarakat menjadi pelanggan produk Pertamina. Penurunan harga juga diklaim sebagai upaya perusshaa mengajak masyarakat menggunakan produk berkualitas.

"Semoga penyesuaian harga semakin diminati," kata dia.

Berikut gambaran perubahan harga BBM nonsubsidi di wilayah Jabodetabek:

Pertalite harga lama Rp 7.800 - harga baru Rp 7.650

Pertamax harga lama Rp 10.400 - harga baru Rp 10.200

Pertamax Turbo harga lama Rp 12.250 - harga baru Rp 12.000

Dexlite Harga lama Rp 10.500 - harga baru Rp 10.300

Dex Harga lama Rp 11.850 - harga baru Rp 11.750.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.