Sukses

Pagi Seru Bermain Salju Saat Kamping di Yogyakarta

Liputan6.com, Yogyakarta - Tak perlu jauh-jauh ke Eropa untuk merasakan aktivitas outdoor saat musim dingin yang bersalju. Di Yogyakarta, kamping di tengah hamparan salju dan kristal es bukan hal mustahil.

Tidak percaya? Coba saja datang ke Indekost Campground yang digagas oleh Indekostour di Jalan Kaliurang Km 23 Dusun Ngipiksari, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman.

Areal kamping seluas tiga hektare itu bisa disulap menjadi padang es dan salju ala campground Eropa.

Salju yang menjadi ornamen bukan terbuat dari kapas, melainkan berasal dari air mentah yang dikondensasi lalu diharuskan. Tidak hanya itu, salju juga dipadupadankan dengan dekorasi tiang, rangkaian bunga, meja jati Belanda, dan lentera putih menonjolkan gaya rustic di areal camping itu.

"Kami mengemas kamping elit dengan gaya khas Eropa Utara yang mengusung konsep glamping boho style dengan ornamen khas Boho dan warna-warna Nordic," ujar Diaz Kaslina, Managing Director Indekostour Gamping, Rabu 2 Januari 2019.

Paket kamping di Pakem ini baru saja dibuka, yakni pada Desember 2018. Meskipun demikian, antusiasme masyarakat cukup tinggi. Terbukti, kunjungan di tempat ini relatif baik karena setiap hari selalu ada kelompok atau grup yang camping di sini.

Diaz mengungkapkan alasan memilih winter atau musim dingin di Eropa untuk menghadirkan suasana yang berbeda dari tempat kamping kebanyakan. Sebagian besar masyarakat Indonesia belum pernah melihat salju secara langsung.

"Jadi kami menghadirkan tema itu menyesuaikan winter di luar supaya kalau mau merasakan salju tidak perlu pergi ke luar negeri," ucapnya.

Tempat kamping berkapasitas 100 orang ini beroperasi 24 jam setiap hari. Apabila ada tamu yang sedang bermalam, maka terdapat dua sampai empat orang petugas yang jaga. Teknis kamping mirip dengan hotel. Jadi tamu check in pukul 14.00 WIB dan check out keesokan harinya pada pukul 12.00 WIB.

Diaz menyarankan bagi tamu yang ingin camping bisa reservasi H-1 untuk memastikan ketersediaan tempat.

2 dari 2 halaman

Fasilitas Serupa Hotel

Fasilitas camping di Indekost Campground sudah dikemas menjadi beberapa paket. Keuntungannya, pengunjung tidak perlu bersusah payah menyiapkan tenda karena sudah disediakan.

Paket yang disediakan meliputi, paket glamping budget dibanderol Rp 95.000 per orang terdiri dari tenda, matras dan bantal matras, selimut, lampu, kopi atau teh, makan malam barbeque, dan lampu tenda. Paket glamping standar dan VIP seharga Rp 135.000 dan Rp 225.000 per orang mendapat fasilitas tenda, kasur dan sprei, bantal dan sarung bantal, selimut, kopi atau teh, makan malam barbeque, dan lampu tenda.

"Anak usia lima tahun ke atas dikenakan biaya 50 persen dari paket yang dipilih, sedangkan untuk balita gratis," ucap Diaz.

Selain itu, bisa pula tamu memesan paket makan malam atau siang prasmanan dan menambah biaya Rp 30.000 per orang. Menu yang tersedia dan bisa dipilih meliputi, nasi, ayam goreng srundeng, teriyaki, cabai hijau, atau empal srundeng, bihun goreng sayur, sup jamur, buah semangka, dan teh.

Tamu juga memperoleh fasilitas umum seperti, aula untuk meeting, ibadah, dan makan, 12 toilet, api unggun jika kondisi cuaca memungkinkan, melihat hewan ternak kelinci, rusa, dan kambing etawa, berfoto di danau buatan, dan tempat parkir.

Loading
Artikel Selanjutnya
Fenomena Tanpa Bayangan di Yogyakarta, Awas Dehidrasi dan Pakai Pelindung Surya
Artikel Selanjutnya
Sorcha, Highlighter Lokal nan Berkilau dan Ramah di Kantong