Sukses

Dampak Tol Cipali Terhadap Tiga Situs di Gua Sunyaragi Cirebon Saat Libur Natal

Liputan6.com, Cirebon - Gua Sunyaragi menjadi salah satu objek wisata yang selalu diburu pengunjung pada libur Natal 2018. Ratusan pengunjung mulai berdatangan sejak pukul 12.00 WIB siang.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, pengunjung objek wisata Gua Sunyaragi Cirebon sebagian besar menggunakan mobil pribadi. Tidak sedikit juga pengunjung yang membawa kendaraan roda dua.

"Kalau rombongan belum terlihat, tapi yang pakai kendaraan pribadi sudah banyak yang datang," kata Manajer Humas Gua Sunyaragi Cirebon, Thamrin Iskandar, Selasa (25/12/2018).

Dia mengatakan, lonjakan pengunjung Gua Sunyaragi mulai terlihat sejak Kamis, 21 Desember 2018. Saat itu, rata-rata pengunjung mencapai 300 orang per hari.

Saat ini, kata Thamrin, jumlah pengunjung sudah mencapai 500 hingga 1000 orang per hari. Dia mengatakan, harga tiket kunjungan Gua Sunyaragi pada musim Libur Natal dan Tahun Baru 2019 masih Rp 10 ribu per orang.

"Tiket tidak ada kenaikan tetap sama libur maupun hari kerja biasa," sebut Thamrin.

Dia mengatakan, beroperasinya Tol Cipali berimbas kepada tingkat kunjungan wisata di Gua Sunyaragi Cirebon. Oleh karena itu, dia memprediksi lonjakan pengunjung terjadi hingga momen Tahun Baru 2019 mendatang.

Sementara itu, dari sejumlah objek wisata yang ada di Gua Sunyaragi Cirebon, beberapa situs diklaim banyak dikunjungi. Yaitu Gua Argajumut, Gua Peteng, dan Taman Gua Sunyaragi Cirebon itu sendiri.

2 dari 2 halaman

Instagramable

Salah seorang pengunjung asal Kabupaten Indrmayu Sudirman mengatakan, dia sengaja datang membawa keluarga dan saudara dari Surabaya.

Menurut dia, Gua Sunyaragi menjadi salah satu objek wisata yang banyak dicari pengunjung. Terutama saat libur hari besar keagamaan di Indonesia maupun libur panjang.

"Sengaja ke Gua Sunyaragi karena menarik dari bentuk gua sampai cerita sejarahnya," kata dia.

Dia mengatakan rela menempuh perjalanan 45 menit dari Indramayu hanya untuk berfoto di beberapa situs gua yang unik. Menurut dia, suasana dan pemandangan di Gua Sunyaragi sangat instagramable.

Tidak sedikit dia menikmati Gua Sunyaragi sembari mengabadikan momennya dengan berfoto selfie. Dia berharap, pengelola lebih maksimal dalam mengenalkan objek wisata sejarah.

"Memang masih kalah promosi dengan wisata lain di luar daerah kita dan mungkin ini menjadi pekerjaan rumah pengelola agar promosi semakin gencar dan pengunjung semakin banyak," kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Puluhan Ekor Kambing Mati Misterius dengan Usus Terburai di Cirebon
Artikel Selanjutnya
Angka HIV/AIDS Meningkat di Cirebon, Bupati Imron Kaget