Sukses

Liburan Natal dan Tahun Baru di Yogyakarta, Cek Lokasi Parkir Alternatif

Liputan6.com, Yogyakarta - Libur Natal dan Tahun Baru sudah di depan mata. Waktunya berpelesir bersama keluarga. Namun, tidak jarang kesulitan menemukan tempat parkir merusak waktu berwisata bersama ini.

Untuk yang berniat mampir ke Yogyakarta, pemerintah kota telah menyiapkan lokasi parkir alternatif selama libur panjang akhir tahun.

"Ada sejumlah titik yang disiapkan, bekerja sama dengan pengelola parkir swasta," kata Kepala Bidang Parkir Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Imanudin Aziz, dilansir Antara, Jumat (21/12/2018).

Lokasi parkir alternatif tersebut di antaranya berada di Jalan Ketandan dan persil atau sebidang lahan di Jalan KH Ahmad Dahlan. Kedua persil tersebut dapat dimanfaatkan oleh wisatawan yang hendak mengunjungi Malioboro dan kawasan di sekitarnya.

"Persil Jalan Ahmad Dahlan itu bisa menampung sekitar 50 mobil," katanya.

Selain itu, terdapat lokasi parkir alternatif yang berada di Jalan Brigjen Katamso, yaitu di Purawisata dan persil di sisi utara Purawisata atau wisatawan dapat memanfaatkan lokasi parkir di seputar kawasan Kridosono, yaitu di Jalan Ahmad Jazuli.

"Lokasi-lokasi tersebut memang agak jauh dari Malioboro. Namun, wisatawan tetap bisa menjangkau Malioboro dengan mudah," katanya.

Tempat Khusus Parkir (TKP) yang dikelola Pemerintah Kota Yogyakarta berada di kawasan Malioboro, yaitu di TKP Abu Bakar Ali, TKP Senopati, TKP Ngabean, TKP Sriwedani, dan TKP Beringharjo.

Imanudin menyebut, sebenarnya masih ada beberapa titik yang seharusnya bisa digunakan untuk tambahan lokasi parkir. Namun, karena ada proses pembangunan, maka tidak bisa digunakan, yaitu di Bioskop Indra dan Jalan Beskalan.

"Khusus di Beskalan, proyek pekerjaan harus sudah selesai pada akhir tahun ini. Harapannya bisa digunakan saat libur akhir tahun guna menampung sekitar 25 mobil," katanya. (Devi Yunita Parede)

 

Simak video pilihan berikut ini: