Sukses

Jalur Pendakian Gunung Argopuro Dibuka Lagi 1 Desember 2018

Liputan6.com, Jakarta Jalur pendakian Gunung Argopuro dibuka lagi untuk umum per 1 Desember 2018. Pengumuman tersebut tertuang dalam surat edaran resmi Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam jawa Timur (BBKSDAJatim) dengan nomor SE 114/ K2/ BIDTEK.1/KSA/11/2018, tertanggal 27 November 2018.

Sebelumnya, Gunung Argopuro yang berada di kawasan Probolinggo, Situbondo, Jember, dan Bondowoso ditutup sejak 10 Agustus 2018.

Dalam surat edaran dijelaskan, pembukaan kembali jalur pendakian dimaksudkan dalam rangka edukasi dan pariwisata.

Gunung Argopuro sendiri merupakan gunung yang berada dalam kawasan Suaka Margasatwa Pegunungan Yang. Tinggi puncak gunung mencapai 3.088 meter di atas permukaan laut.

Kompleks Yang-Argopuro merupakan kompleks gunung berapi raksasa yang mendominasi bentang alam antara Gunung Raung dan Gunung Lemongan.

Di kompleks ini terdapat untaian lembah sedalam 1.000 meter. Di mata para apendaki, Gunung Argopuro punya tantangan tersendiri, mengingat punya jalur pendakian yang sangat panjang, bahkan menjadi yang terpanjang di Pulau Jawa.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

Loading