Sukses

Yuk Ikutan Belanja Pakai My QR BRI di Suzuya Medan

Liputan6.com, Medan - Sukses menggelar event belanja gratis dengan menggunakan My QR di Ranch Market Jakarta dan Surabaya pada 22 September 2018 dan 20 Oktober 2018, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. kembali menggelar event serupa di Kota Medan.

Promo yang dinamakan ‘Shop For Free With My QR’ digelar di Suzuya Medan, Jalan Brigjend Katamso. Ratusan masyarakat yang hadir mendapatkan promo belanja gratis hingga Rp 500.000 selama 10 menit dengan bertransaksi menggunakan My QR.

Vice President Elektronik Banking Kantor Pusat BRI, Arga Nugraha mengatakan, My QR merupakan metode transaksi pembayaran yang dilakukan nasabah dengan memindai atau scan kode QR (Quick Response) di merchant-merchant kerja sama BRI.

"Program ini merupakan apresiasi terhadap pelanggan setia Suzuya serta nasabah Bank BRI sendiri," kata Arga, Sabtu (24/11/2018).

Diungkapkan Arga, dengan adanya promo ini diharapkan dapat memberikan experience baru bagi masyarakat di wilayah Medan mengenai solusi bertransaksi dengan cepat, mudah, dan aman.

"Pastinya menguntungkan dengan menggunakan produk My QR," ungkapnya.

Arga menjelaskan, My QR sendiri sangat mudah untuk isi ulang saldo atau Top-Up. Diantaranya melalui Unit Kerja BRI, Mesin ATM BRI atau bank lain, Mesin CRM, EDC, Agen BRILink, Internet Banking, hingga Mobile Banking.

"Dengan kata lain, My QR dapat digunakan oleh seluruh kalangan, baik dari Nasabah BRI, Nasabah Bank Lain, maupun masyarakat yang unbanked," jelasnya.

Wakil Pimpinan Wilayah BRI Medan, Wahyu Hidayat menambahkan, selain bekerja sama dengan Suzuya, My QR juga dapat dijumpai di lebih dari 100.000 merchant di seluruh Indonesia, diantaranya Amazone, Liberica, Es Teller 77, Dompet Dhuafa Toro Sushi, Melt, Kafe Betawi, Rumah Zakat, Bebek Ireng Suruboyo, Baznas, dan lainnya.

"Untuk jumlah transaksi My QR sejak diluncurkan pada Septmeber kemarin sampai kini sudah mencapai 3,5 jutaan. Target 5 juta transaksi secara nasional sapai akhir tahun, dan diharapkan di Medan dapat mendukung target yang ditetapkan," katanya.

Wahyu menyebut, meskipun acara launching My QR baru dilakukan, namun antusisme masyarakat Indonesia terhadap My QR sangar tinggi. Hal ini dapat dilihat dari jumlah penggunanya yang telah mencapai lebih dari 500.000 users. 

"Kita berharap user akan terus bertambah, untuk di Medan sendiri sekitar 20.000-an," sebutnya.

2 dari 2 halaman

Keuntungan Menggunakan My QR

CEO Suzuya Group, yang juga Direktur PT Suriatama Mahkota Kencana, Aldes Maryono mengaku, sangat senang BRI menghadirkan My QR. Apalagi di Sumatera ini Suzuya ditunjuk satu-satunya untuk menggunakan My QR.

"Kita sangat welcome dengan sistem seperti ini karena sangat membantu di kasir. Kalau banyak masyarakat menggunakan My QR, maka akan sangat cepat dalam proses transaksi. Karena sangat memperudah dalam proses transaksi," ujarnya.

Aldes juga mengaku, dari segi penggunaan, tentunya menggunaan My QR sangat praktis. Apalagi para karyawan Suzya juga dibantu oleh pihak BRI dalam pemahaman penggunaan My QR, dan dengan waktu yang sangat singkat.

"Untuk penggunaan My QR ini, bisa digunakan di seluruh outlet Suzuya yang tersebar di seluruh Indonesia. Total secara nasional, kita ada 30 outlet," katanya.

My QR merupakan alat pembayaran baru yang diluncurkan oleh BRI. Inovasi produk yang berbasis QR Code ini dipastikan akan mempermudah transaksi pembayaran yang dilakukan oleh para nasabah.

Keuntungan menggunakan My QR akan lebih nyaman digunakan oleh pembeli. Lantaran, selain transaksinya lebih cepat, produk juga berbasis nomor handphone sebagai akun.

Untuk teknis atau cara kerja produk tersebut, nasabah harus masuk ke Tbank. Nah, Tbank merupakan akun yang dibentuk dengan menggunakan nomor handphone nasabah.

Aplikasi itu bisa langsung didownload dengan menggunakan nomornya sesuai sama dengan nomor handphone dan di top up. Bisa dari rekening BRI maupun bank lain.

Scan QR akan disediakan ketika para merchant atau toko sudah setuju untuk menjadi partner BRI maka akan diberikan alat tersebut. QR acceptance code nanti akan diberikan kepada merchant.

Alat itu akan ada identifikasi merchant, nomor akun dan sebagainya. Nasabah tinggal scan dari My QR yang ada di handphone application.

Setelah itu, transaksi pembayaran dengan My QR bisa dilakukan dengan scan QR di merchant atau toko dan transaski senilai jumlahnya. Transaksi tidak perlu hitung uang dan tidak perlu menghitung kembalian. Semua basisnya mobile, karena dari merchant sendiri akan menerima notifikasi by mobile.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengenal 'Ngayun Massal', Tradisi Maulid Nabi Warga Banjar di Sumut
Artikel Selanjutnya
Cari Perhatian Dunia, Pengungsi Asal Afganistan Unjuk Rasa di Medan