Sukses

Pagi Hari Senangnya Hati Melihat Sungai Warna-warni di Nagari Jawi-Jawi

Kini ada Sungai Warna-warni di Nagari Jawi-Jawi, Kecamatan Gunung Talang, Solok, Sumbar.

Liputan6.com, Solok - DI Kabupaten Solok, Sumatera Barat, mulai bermunculan pariwisata alam yang awalnya hanya tempat biasa. Seperti puncak Gagoan di Kecamatan Junjung Sirih dan Rumah pohon di Kecamatan X Koto Singkarak. Dan kini, ada Sungai Warna-warni di Nagari Jawi-Jawi, Kecamatan Gunung Talang.

Maraknya pariwisata kreatif akhir-akhir ini, juga semakin memperkaya potensi wisata di Sumbar. Dengan melibatkan masyarakat sebagai pengelola objek wisata. Melalui ide kreatif masyarakat, tempat yang awalnya tidak memiliki hal spesial diubah menjadi kawasan yang bisa menarik perhatian pengunjung.

Sungai Warna-warni merupakan sungai yang melintasi Nagari Jawi-Jawi Guguak, Kecamatan Gunung Talang.

Seperti sungai di dataran tinggi, aliran airnya cukup deras, bebatuan besar maupun kecil berserakan di sungai. Salah satu spot yang cukup menarik perhatian di Kawasan Lubuk Kuok, seperti dilansir Antara, Jumat, 31 Agustus 2018.

Di Lubuk Kuok, ratusan batu dihias mural dan lukisan. Mulai mural berupa pesan, ucapan selamat, hingga mural lucu. Paduan warna-warna yang unik membuat sungai menjadi enak dipandang. Perasaan gembira pun muncul. Malah kini menjadi instagramable.

Di kawasan itu, juga ada sebuah jembatan baja yang membentang melengkung di atas sungai, sebagai penghubung antara pemukiman masyarakat dengan seberang sungai yang sebagian besar adalah lahan pertanian.

Namun, lokasi Sungai Warna-warni itu masih asri, kiri kanan sungai dipenuhi pepohonan rindang nan sejuk, serta cukup jauh dari pemukiman penduduk, tapi akses jalan kesana sudah sangat bagus.

Warga setempat juga menyediakan ban mobil bagi pengunjung yang ingin bermain dengan derasnya air sungai. Meski demikian, tentunya diawasi pemuda setempat yang bertindak sebagai pemandu wisata.

Untuk menuju ke Sungai Warna-warni, pengunjung menuju Nagari Jawi-Jawi yang berjarak sekitar 7 km dari tugu Ayam atau Kantor Bupati [Solok](3590930/3 "") Arosuka. Setiba di Jawi-Jawi, tepat di depan Kantor Wali Nagari Jawi-Jawi, pengunjung bisa masuk melalui simpang dekat kantor Walinagari tersebut, sekitar 1 Km sampai di lokasi, mobil dan motor pun bisa masuk ke lokasi Sungai warna-warni.

Tapi sebaiknya dari kantor Wali Nagari berjalan kaki menuju Sungai warna-warni, agar lebih bisa menikmati suasana sungai.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kreatifitas Muda-mudi

Pengunjung, Taufik (28) mengaku salut akan kreativitas pemuda Jawi-jawi. Dengan memunculkan ide menarik di sungai tersebut, semakin menambah gairah pariwisata dan ekonomi masyarakat terbantu dengan ide tersebut.

"Yang penting, jangan membuang sampah sembarangan. Saya harap disediakan tong sampah agar pengunjung tidak sembarangan membuang sampah," katanya.

Sementara itu, Wali Nagari Jawi-Jawi Guguak, Laswir menyebut pihaknya akan menggali lebih dalam potensi-potensi nagari yang memungkinkan untuk spot-spot baru, dibantu oleh Tourism Development Centre Unand.

Kemudian akan dilakukan pembenahan infrastruktur menjadi prioritas Jawi-Jawi seperti akses ke lahan persawahan, kemudian memacu masyarakat untuk lebih kreatif dalam memproduksi produk-produk asli nagari.

"Kita usahakan ke depannya bagaimana pariwisata ini membuahkan nilai tambah bagi perekonomian kerakyatan, tentu tanpa mengurangi nili-nilai yang terkandung dalam budaya dan adat-istiadat nagari," katanya.

Sebagai Kampung Budaya, Nagari Jawi-Jawi, Kecamatan Gunung Talang mendapat perhatian dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Nagari ini diprioritaskan untuk menjadi 10 besar Desa Wisata Nasional dan merupakan satu-satunya nagari di Sumbar yang masuk dalam binaan Kementerian Pariwisata.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.