Sukses

Menyamar Jadi Warga Baduy, Tebak yang Mana Ridwan Kamil?

Berpakaian khas Baduy Dalam yang serba putih, Ridwan Kamil berfoto bersama warga.

Liputan6.com, Banten - Ridwan Kamil, Wali Kota Bandung, mengunjungi Suku Baduy di Kabupaten Lebak, Banten, Jawa Barat. Dia rencananya menginap di Suku Baduy Dalam, Senin (27/8/2018) malam.

Gubernur Jawa Barat terpilih ini mengunggah momen kunjungannya ke Baduy melalui akun Instagramnya @ridwankamil dan memberikan keterangan foto khas Ridwan Kamil yang santai.

Berpakaian khas Baduy Dalam yang serba putih hitam dan bertelanjang kaki, pria yang akrab disapa Kang Emil itu berfoto di perbatasan antara Baduy Luar dan Dalam.

"Menjelang Magrib, sampailah saya sampai di perbatasan Desa Baduy Dalam Cikeusik, Lebak, Banten. Batas akhir sebelum pantangan dimulai termasuk larangan memotret. Setelah segala hal berbau modern mulai dilarang," tulisnya.

Kedatangan Ridwan Kamil di Kabupaten Lebak diharapkan dapat mempromosikan kebudayaan suku asli Banten ke dunia luar. Selain itu, diharapkan juga mampu menjaga kelestarian suku Baduy dari ancaman modernisasi dan perambahan hutan di lingkungan Baduy.

"Kunjungannya untuk kerja sama dengan Kabupaten Lebak. Apalagi kalau bisa mempromosikan karya tradisional Baduy, seperti tenun, gula aren," kata Mulyono, pemuda Suku Baduy Luar, melalui pesan singkatnya.

Sebelum tiba di perbatasan, Gubernur Jawa Barat terpilih itu juga menyempatkan berfoto dengan warga Baduy dan Ayah Mursyid, salah satu tokoh adat di Suku Baduy.

"Hari Minggu ini, saya melakukan perjalanan ke kampung Baduy dalam di Cikeusik, Banten dan kabupaten Lebak. Ini sedang transit di kampung Baduy luar, Kanekes dan bermalam di desa Baduy dalam. Suku Baduy suku yg konsisten menjaga kemurnian adat dan menolak modernisasi: tidak berselang, tidak mau ada listrik dan alat2 modern, tidak ada tiktok (yes!) Dan selalu taat pada nilai adat. Banyak yang cantik dan ganteng. Dan yang keren adalah budaya tenunnya yang memiliki selera estetika yang indah sekali #WonderfulIndonesia #Lebak #VisitLebak #Baduy *slide ke-2 jangan bikin salfok," tulis Kang Emil di akun instagramnya.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Simak video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.