Sukses

Embun Es Menghampar di Gunung Bromo, Hati-Hati Hipotermia

Liputan6.com, Probolinggo - Fenomena embun es di Gunung Bromo Tengger, di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, menarik perhatian para wisatawan. Mereka kini berlomba-lomba memburu momen matahari terbit dan embun es untuk diabadikan lewat kamera.

Tak ayal, lonjakan kunjungan terpantau di sekitar wana wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Mereka tak mau terlewat fenomena tersebut, seperti nampak di Mentigen pada Minggu pagi, 5 Agustus 2018.

Ratusan wisatawan memadati lokasi strategis tersebut untuk menikmati matahari terbit dan fenomena embun es sekaligus. Di lokasi tersebut, wisatawan berswafoto dan mengabadikan semburat cahaya jingga di ufuk timur.

"Keindahan matahari terbit atau sunrise, dipadu dengan dinginnya suhu udara sekitar, serta fenomena es di sini, membuat kami seolah-olah berada di luar negeri," kata Bunga Aisyah, salah satu wisatawan asal Solo.

Sejak fenomena embun es terjadi, cuaca ekstrem juga melanda kawasan Gunung Bromo dalam sepekan terakhir. Suhu udara bisa mencapai 0 derajat Celcius pada pagi hari.

Pegawai swasta itu mengaku sengaja datang jauh-jauh dari kota asalnya, untuk melihat secara langsung fenomena alam langka itu. "Iya kami memang sengaja mencari tentang fenomena itu (Es di Gunung Bromo), karena tahu dari medsos," ucapnya.

Fenomena embun es di Gunung Bromo terjadi sejak sepekan terakhir. Fenomena itu muncul setiap tahun ketika kawasan Bromo memasuki musim kemarau yang ditandai dengan penurunan suhu udara secara drastis hingga mencapai nol derajat celcius.

Atas keadaan ini, wisatawan yang berkunjung diimbau untuk memakai baju hangat. Pasalnya, tubuh sangat rawan mengalami hipotermia atau penurunan suhu tubuh mendadak.

Bila tertarik untuk melihat embun es secara langsung, datang saja ke Cemoro Lawang, di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Masih banyak juga lho tempat seru dalam daftar Endless Probolinggo.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Jalan Menuju Gunung Bromo Longsor, Wisatawan Diimbau Waspada
Artikel Selanjutnya
Liburan ke Bromo, Raffi Ahmad Cium Kening Nagita Slavina dengan Mesra