Sukses

Sumur di Ngawi Mendadak Semburkan Air Secara Misterius

Semburan ini bukanlah yang pertama kali di desa itu. Sebelumnya, pada tahun 2013 dan 2014 pernah ada sumur yang menyemburkan api dan gas.

Liputan6.com, Ngawi - Sebuah sumur di tengah area persawahan di Dusun Weru, Desa Sidolaju, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, mendadak mengeluarkan semburan air. Kejadian ini sontak mengagetkan warga sekitar.

Sumur tersebut adalah milik Mujianto, warga Desa Planglor, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi. Sumur pompa tersebut menyemburkan air hingga setinggi 30 meter.

Pemilik sumur, Mujianto, mengatakan semburan air tersebut bermula saat ia menyalakan sumur pompa airnya yang bertenaga listrik untuk mengairi persemaian padinya.

"Awalnya pompa air menyala normal, namun, kemudian air semakin besar dan tidak terkendali bercampur dengan lumpur," ujar dia kepada wartawan, Minggu, 5 Agustus 2018, dilansir Antara.

Ia lalu langsung mematikan listrik pompa air tersebut. Namun, semburan air tidak berhenti, malah makin membesar hingga membentuk air mancur setinggi sekitar 30 meter.

Kejadian itu pun dilaporkan kepada petugas Polres Ngawi. Aparat mengambil sampel air beserta lumpur dari sumur pompa yang mengeluarkan semburan air itu untuk diteliti.

"Kami mengambil sejumlah air yang keluar untuk barang bukti dan diteliti kandungannya apakah berbahaya atau tidak," ujar Kepala Satuan Reskrim Polres Ngawi AKP Maryoko kepada wartawan di Ngawi.

Menurut dia, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Ngawi terkait pelaksanaan penelitian tersebut.

Guna mengantisipasi kejadian berbahaya, pihaknya mengimbau warga yang menonton semburan air mancur tersebut untuk tidak menerobos garis polisi yang telah dipasang. Sebab, dimungkinkan semburan tersebut mengandung gas yang berbahaya dan mudah terbakar.

"Jangan menyalakan rokok atau sumber api di sekitar lokasi semburan. Sebab sangat dimungkinkan mengandung gas yang mudah terbakar," kata dia.

Selain mengambil sampel, pihaknya juga berkoordinasi dengan lembaga terkait untuk menindaklanjuti kejadian semburan sumur di sawah tersebut.

Sementara, warga Desa Sidolaju, Slamet mengatakan fenomena sumur pompa yang menyembur sejatinya bukan hal aneh di area persawahan setempat. Sebab, tak jauh dari lokasi kejadian sumur semburkan air saat ini, juga pernah muncul semburan air yang diikuti oleh semburan gas dan api dari dalam sumur pada tahun 2013 dan 2014.

"Dulu juga pernah ada kejadian sumur warga keluarkan api dan gas di tengah sawah pada beberapa tahun lalu," ungkap Slamet yang bekerja sebagai petani ini.

Sesuai data, pada 19 September 2013 terjadi semburan api dari sumur bor milik Salimun di area persawahan Desa Planglor, Kecamatan Kedunggalar. Sedangkan, pada 8 September 2014, juga muncul semburan api dari sumur bor milik Karno di area persawahan Desa Sidolaju, Kecamatan Widodaren.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.