Sukses

BI Bali Kampanyekan Gerbang Pembayaran Nasional

Kegiatan ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia

Liputan6.com, Denpasar - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali bersama perbankan mengkampanyekan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dan pekan penukaran kartu ATM atau debit GPN pada tanggal 29 Juli-3 Agustus 2018.

Kegiatan diawali pembukaan kampanye GPN di pelataran depan Monumen Bajra Sandhi, Renon, Denpasar, Bali Minggu (29/7/2018).

Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali, Causa Iman Karana, mengungkapkan, kampanye dilakukan untuk mengingatkan masyarakat bahwa telah hadir GPN, sehingga mereka bisa menukarkan kartunya yang selama ini berlogo lain ke perbankan.

"Sekarang, dengan satu IDC sudah bisa bertransaksi berbagai macam bank, sehingga lebih efisien menekan biaya," katanya.

Iman menargetkan untuk tahap awal atau periode minggu pertama ini sebanyak 7.000 kartu bisa terdistribusi. Nantinya, akan bertahap atau secara bergulir kartu-kartu GPN ini disiapkan untuk pergantian kartu di masyarakat.

Dia menjelaskan masyarakat dapat melakukan penukaran kartu ATM atau debit lama dengan kartu ATM atau debit GPN dan menikmati layanan perbankan lainnya pada kegiatan kampanye GPN tersebut.

Ada 14 bank yang membuka booth atau counter layanan penukaran kartu ATM atau Debit GPN pada kegiatan tersebut. Pemilihan bank berdasarkan pada jumlah stock kartu ATM atau Debit GPN masing-masing bank.

Bank tersebut antara lain Bank BPD Bali, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BCA, Bank BRI, Maybank, China Construction Bank, Bank Woori Saudara, Bank Mega, Bank Mantap, Bank CIMB Niaga, Bank OCBC NISP, Bank BJB dan Bank BTN.

Selain itu, masyarakat juga dapat memperoleh informasi lebih banyak tentang GPN pada kegiatan tersebut. "Kegiatan kampanye GPN tersebut diselenggarakan dalam rangka mewujudkan awareness dan acceptance terhadap GPN," terang Iman.

Bank Indonesia mendorong Penyelenggara GPN untuk melakukan komunikasi secara intensif baik dengan melakukan single campaign ataupun joint campaign.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Serentak di Seluruh Indonesia

Dengan kegiatan kampanye tersebut, diharapkan instrumen dan infrastruktur pembayaran berlogo nasional (GPN) dapat diterima secara luas sebagai identitas sistem pembayaran domestic. BI berharap masyarakat Indonesia memiliki kebanggaan tersendiri bertransaksi dengan menggunakan GPN.

Selain di Bali, kegiatan Kampanye GPN dan Pekan Penukaran Kartu ATM/Debit GPN tanggal 29 Juli – 3 Agustus 2018 juga diselenggarakan secara serempak oleh 17 KPwBI Dalam Negeri di berbagai kota di Indonesia.

Kampanye GPN akan dilakukan di seluruh kota di Indonesia dengan melibatkan peran seluruh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) bekerjasama dengan Badan Musyarawah Perbankan Daerah (BMPD) setempat.

Kampanye GPN yang dihadiri ribuan orang ini diawali dengan seremoni pembukaan yang dihadiri Wakil Gubernur Bali, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Muspida Provinsi Bali, Pimpinan Perguruan Tinggi, Pimpinan Perbankan dan stakelhoders terkait.

Kegiatan tersebut juga dimeriahkan dengan berbagai acara menarik seperti senam zumba berhadiah, fun walk pawai (karnaval) GPN, edukasi, hiburan dan pembagian door prize.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.