Sukses

Peluang Kerja Sama Loket dengan Komunitas Kreatif Bali

Komunitas atau individu kreatif bisa menjalin kerja sama event dengan Tiket.com

Liputan6.com, Denpasar - Sebagai perusahaan penyedia  layanan menyeluruh bagi penyelenggara event terkemuka di Indonesia, Loket melalui platform digital Loket.com membawa kabar gembira kepada publik Bali. Loket.com kini dirancang untuk memberi kemudahan bagi event kreator, komunitas dan individu untuk kegiatan yang mereka selenggarakan.

CEO Loket, Edy Sulistyo menjelaskan, penyelenggaraan event kerap dikaitkan dengan promotor atau perusahaan besar sebagai penyelenggaranya. Di sisi lain, ia melanjutkan, tak sedikit pula event-event yang justru digagas oleh kelompok, komunitas atau individu, di mana mereka kebanyakan berasal dari kalangan generasi muda dan usia produktif.

"Dengan pertumbuhan populasi mencapai 90 juta orang, para milenial ini adalah inisiator gerakan sosial-ekonomi yang cenderung mengakses informasi lewat platform digital, namun tetap memiliki kebutuhan untuk mendapatkan live experience dari suatu kegiatan,” kata Edy dalam rangkaian acara Loket.com Showcasing Roadshow di Kuta, Kamis (26/7/2018).

Hal itu terlihat dari bisnis hiburan offline yang hampir tak pernah sepi pengunjung. Berangkat dari hal di atas, Loket menilai peluang pertumbuhan bisnis manajemen event masih sangat luas dan potensial.

"Melalui pengelolaan event mandiri yang sistematis dari Loket.com siapapun kini bisa mempromosikan kegiatannya untuk menarik lebih banyak pengunjung guna meningkatkan angka penjualan tiket mereka dengan lebih signifikan," paparnya.

Loket.com mengunjungi empat kota besar di Indonesia yakni Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Denpasar. Kota-kota tersebut memiliki pertumbuhan komunitas kreatif organik yang sangat pesat dan diyakini mampu menyumbang pendapatan ekonomi masyarakat di kota masing-masing.

Menurut Edy, Loket.com hadir untuk mendukung ruang gerak komunitas dan individu kreatif bagi terciptanya ribuan event berskala kecil hingga menengah di Indonesia. Ekonomi kreatif di Kota Denpasar sendiri dipandang sebagai modal pembangunan strategis, di mana regulator dan anak-anak muda kreatif turut mengambil peran dalam mempercepat pembangunan.

"Berdasarkan data BPS Provinsi Bali, pada tahun 2017 pertumbuhan ekonomi mencapat 6,08 persen dan diperkirakan mencapai 6,85 persen pada tahun depan," urainya. Di sisi lain, VP Consumer Solution LOKET, Rama Adrian menjelaskan teknis kerja sama yang  bisa dijalin.

Seluruh proses dibuat secara sistematis mulai dari pendaftaran event, pilihan sistem pembayaran yang beragam hingga sistem registrasi dan check-in pengunjung berbasis online. Lewat Loket.com para event creator juga memiliki kesempatan untuk mempromosikan kegiatannya di beberapa rekan afiliasi LOKET, termasuk melalui aplikasi Go-Jek dengan layanan Go-Tix yang kini telah menjadi bagian dari LOKET,” terangnya.

"Bahkan, nilai lebih yang kami tawarkan adalah para event creator local ini berkesempatan untuk dipromosikan ke jutaan calon pembeli melalui lebih dari sepuluh rekan afiliasi Loket Distribution Partner (LDP) termasuk Blibli.com, Tokopedia, JD.ID dan lainnya," tambah Rama.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.