Sukses

2 Bunga Rafflesia Mekar Sempurna di Hutan Lindung Bengkulu Utara

Liputan6.com, Bengkulu Utara - Dua bunga langka dilindungi, Rafflesia gadutensis, mekar sempurna di kawasan hutan lindung Boven Lais, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.

"Ada dua bunga yang mekar bersamaan dengan jarak sekitar 1,5 meter," ucap anggota Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu Utara, Umbara, di Argamakmur, Senin (16/7/2018).

Ia menjelaskan, anggota komunitas menemukan bunga Rafflesia tersebut mulai mekar pada Sabtu, 14 Juli lalu. Selanjutnya, mereka merintis jalan setapak untuk memudahkan masyarakat menyaksikan keunikan bunga tersebut.

Menurut Umbara, kedua bunga sudah memasuki fase mekar sempurna dan masih dapat dinikmati hingga dua hari ke depan.

Para pengunjung yang ingin menyaksikan bunga Rafflesia gadutensis yang merupakan jenis Rafflesia dengan ukuran bunga paling kecil dapat menghubungi anggota KPPL Bengkulu Utara untuk mendapatkan panduan dan pendampingan menuju lokasi.

"Pengunjung bisa mendapatkan informasi tentang bunga ini di pos penjagaan menuju objek wisata air terjun Palak Siring," ujarnya, dilansir Antara.

Di sekitar lokasi bunga mekar, anggota komunitas tersebut sengaja tidak membuat tanda atau petunjuk informasi guna menghindari tangan-tangan tidak bertanggung jawab yang berniat merusak bunga langka itu. Perusakan bunga Rafflesia sp di habitatnya menjadi salah satu ancaman kelestarian puspa langka itu.

"Kami sudah berupaya mengajak seluruh pihak untuk terlibat melestarikan bunga langka yang menjadi ikon provinsi Bengkulu ini, tetapi tetap masih ada tangan jahil," kata Umbara.

Bunga Rafflesia Gadutensis merupakan satu dari lima jenis Rafflesia sp yang teridentifikasi tumbuh di kawasan hutan provinsi Bengkulu. Empat jenis Rafflesia lainnya yang tumbuh di kawasan hutan daerah ini, yakni Rafflesia arnoldii, Rafflesia bengkuluensis, Rafflesia hasselti, dan Rafflesia kemumu yang baru teridentifikasi pada 2017.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.