Sukses

Bunga Raflesia Mekar Sempurna, Turis Asing Berbondong-bondong ke Bengkulu

Kawasan hutan lindung Boven Lais merupakan rumah bagi jenis Rafflesia gadutensis, Rafflesia arnoldii, dan Rafflesia kemumu yang rutin dipantau anggota KPPL Bengkulu Utara.

Liputan6.com, Bengkulu - Di Bengkulu ada dua bunga raflesia, masing-masing jenis Rafflesia arnoldii dan Rafflesia gadutensis yang kini tengah mekar di dua lokasi berbeda di wilayah itu.

"Ada dua bunga yang sedang mekar sempurna dan jenisnya juga berbeda," kata Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu, Sofian Ramadhan di Bengkulu, Minggu, 4 Maret 2018, dilansir Antara.

Ia mengatakan satu bunga jenis Rafflesia gadutensis mekar sempurna di kawasan hutan lindung Boven Lais Kabupaten Bengkulu Utara.

Sedangkan, satu bunga lainnya jenis Rafflesia arnoldii mekar sempurna di kawasan hutan sekitar Desa Manau IX Kabupaten Kaur.

"Masing-masing habitat ini dipantau tim dari komunitas peduli puspa langka," ucapnya.

Kawasan hutan lindung Boven Lais merupakan rumah bagi bunga jenis Rafflesia gadutensis, Rafflesia arnoldii, dan Rafflesia kemumu yang rutin dipantau anggota KPPL Bengkulu Utara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diserbu Turis Asing

Koordinator KPPL Bengkulu Utara, Riki Septian mengatakan habitat bunga langka Rafflesia sp menjadikan hutan lindung Boven Lais tujuan ekowisata andalan di wilayah itu.

"Sejumlah turis dari Prancis sudah berkunjung menyaksikan keunikan bunga rafflesia," ucapnya.

Sementara habitat Rafflesia arnoldii dan Rafflesia bengkuluensis di Kabupaten Kaur rutin dipantau oleh Komunitas Pemuda Padang Guci Peduli Puspa Langka, Kaur.

Anggota komunitas menyediakan pemandu dan telah membuat rute ekowisata di kawasan hutan Bukit Barisan tersebut.

"Hari ini kami temukan satu Rafflesia arnoldii mekar sempurna dan bisa dinikmati hingga tiga sampai empat hari ke depan," kata Koordinator KPPGPPL Kaur, Andri Yan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.