Sukses

6 Pemudik Tewas dalam Sehari di Sumut

Polda Sumut melansir rincian pelanggar lalu lintas selama arus mudik di wilayah itu. Hasilnya, pengendara sepeda motor mendominasi pelanggaran.

Liputan6.com, Medan - Kepolisian Daerah Sumatera Utara  (Sumut) menyebutkan enam orang tewas, enam luka berat, dan enam luka ringan akibat kecelakaan lalu lintas pada arus mudik H-3 Lebaran 2018 atau Selasa, 12 Juni 2018.

Kepala Subbidang Penerangan Masyarakat Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan mengatakan kecelakaan di wilayah Polrestabes Medan menyebabkan satu orang meninggal dunia, satu orang luka berat, satu orang luka ringan, dan kerugian materi mencapai Rp 4 juta.

Selanjutnya, di Polres Binjai terdapat satu orang meninggal dunia, dan kerugian materi sekitar Rp 1 juta. Sementara, di Polres Asahan terdapat dua orang meninggal dunia, tetapi tidak ada kerugian materi.

Nainggolan menyebutkan dalam data Polres Tanah Karo, terdapat satu orang menggalami luka ringan, dan kerugian materi Rp 2 juta. "Polres Labuhan Batu terdapat satu orang meninggal dunia, dua orang luka berat, satu orang luka ringan, dan kerugian materi Rp 5.5000.000," ucapnya di Medan, Rabu, 13 Juni 2018, dilansir Antara.

Ia menambahkan data Polres Tapanuli Selatan tercatat satu orang luka berat, dan kerugian materi Rp 5 juta, di Polres Nias tercatat dua orang luka ringan dan kerugian materi Rp 5.500.000.

Kemudian, Polres Belawan terdapat satu orang luka berat dan kerugian materi Rp 3 juta, dan Polres Tebing Tinggi dan terdapat satu orang meninggal dunia.

Terkait data pelanggaran lalu lintas, yakni Polda Sumut mencatat jumlah tilang 271 perkara, teguran 316 perkara, total jumlah pelanggaran 587 perkara.

Kendaraan yang terlibat pelanggaran, yaitu 217 unit sepeda motor, 36 unit mobil penumpang, empat unit bus, dan 14 unit mobil barang. Ia mengatakan Operasi Ketupat Toba itu dilakukan untuk menjamin rasa aman warga, dalam menjalankan ibadah, tertib dan lancar baik sebelum, saat, dan pasca-Idul Fitri 1439 H.

Pelibatan kekuatan personel, baik dari Polri maupun instansi lain dalam pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1439 H di wilayah Provinsi Sumut, sebanyak 7.759 Polri dan 2.088 personel TNI.

"Dengan perincian sebagai berikut Satuan Tugas Polda Sumut 535 personel dan satuan tugas wilayah 7.189 personel," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.