Sukses

Ambulans Motor Polda Jateng Siap Beri Pertolongan di Tengah Kemacetan

Semarang - Polda Jawa Tengah telah menyiapkan layanan kesehatan khusus selama masa angkutan mudik Lebaran 2018. Tim ambulans motor disiagakan guna memberikan pertolongan cepat jika terjadi kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan kemacetan.

Kasubdit Dokpol Biddokes Polda Jateng AKBP dr. Ratna Relawati dalam keterangannya Minggu, 10 Juni 2018, mengatakan, tim ambulans motor disiapkan sebagai layanan cepat dari Polri. Mereka difungsikan untuk menembus padatnya lalu lintas jalan, terutama yang mengalami kemacetan parah.

"Karena kalau ambulans bentuk mobil akan susah menembus macet. Motor ini lebih bisa untuk cepat menolong korban kecelakaan atau memberikan kebutuhan kesehatan," ujar Ratna.

Informasi yang diperoleh KRJogja.comtahun ini, Biddokes Polda Jateng baru memiliki empat unit ambulans motor. Ditambah dengan ambulans motor di masing-masing pos pengamanan yang disiapkan setiap polres.

"Adanya ambulans motor ini hanya untuk penebalan saja. Karena masing-masing polres sudah ada. Kalau dari polda sendiri menyiapkan empat untuk Jalur Kertasari-Slawi, Gandulan-Pamulang, Kalikuto-Gringsing, dan pintu tol Manyaran," sambungnya.

Ambulans motor hanya sebagai armada tambahan. Biddokes telah menyiagakan mobil ambulans dan DVI Polda Jateng. "Mobil ambulans ada di setiap pos pengamanan di sepanjang jalur mudik dan mobil DVI. Bila terjadi apa-apa yang tidak diinginkan, bisa pakai mobil double cabin DVI tersebut," ucapnya.

Ratna menambahkan, ambulans motor hanya membawa peralatan dan obat-obatan sederhana dengan standar pertolongan pertama. Seperti analgetik antisakit, anti-pusing, dan obat luka lainnya. "Kita siapkan infus juga bila ada yang dehidrasi dan oksigen. Hari ini kami mulai beroperasi," dia menandaskan.

 

Baca berita menarik lainnya dari KRJogja.com di sini.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Asyiknya Mudik Tanpa Macet, Jakarta-Semarang Hanya 5 Jam
Artikel Selanjutnya
Pagi Menakjubkan di Puncak Gunung Kelir Semarang