Sukses

Sensasi Mandi Pagi di Kolam Air Kawah Lombongo Gorontalo

Usai berendam di pemandian air panas Lombongo, Gorontalo, pengunjung bisa merasa segar kembali.

Liputan6.com, Gorontalo - Kabupaten Bone Bolango merupakan kabupaten yang terletak di bagian timur Provinsi Gorontalo. Wilayah ini memiliki potensi besar di sektor pariwisata dengan sejumlah lokasi yang unik dan khas. Seperti lokasi wisata Lombongo, yang terkenal dengan air kawah panas.

Secara umum pemandian yang berada di tengah hutan ini menyuguhkan sensasi tersendiri bagi pengunjungnya. Perpaduan udara dingin dan air hangat memberikan kesejukan kepada para pengunjung. Ini berbeda dengan pemandian lain yang berada di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.

Di lokasi pemandian ini, pengunjung akan dimanjakan dengan suasana sunyi di tengah hutan alami Taman Nasional Bogani Nani Wartabone sambil berendam air hangat dari kawah. Air Panas Lombongo Gorontalo. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)Di lokasi pemandian ini, terdapat dua kolam air panas dengan luas 500 meter persegi dan kedalaman berkisar satu hingga dua meter. Di kolam ini, pengunjung bisa berendam untuk meregangkan ketegangan tubuh, sembari menikmati sejuknya pemandangan hutan hujan tropis Gorontalo.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Air Panas Lombongo dan Beragam Manfaatnya

Pemandian Lombongo merupakan pemandian air panas alami yang bersumber dari mata air panas. Karena tanah Gorontalo merupakan daratan vulkanik, maka di Desa Lombongo ini terdapat banyak mata air panas yang tersebar di sekitar desa.

Beberapa di antaranya dialirkan dan menjadi sumber air dari pemandian ini. Sumber air panasnya kaya akan mineral seperti sulfur (belerang). Sehingga, selain membuat rileks, ada manfaat lain berendam di pemandian air panas Lombongo ini, yaitu menyehatkan kulit.

Bagi Anda yang ingin menikmati kesejukan air pegunungan, di lokasi ini juga ada satu kolam air dingin yang bersumber dari aliran mata air pegunungan sekitar.

Didan Martadinata, salah satu pengunjung pemandian ini, mengatakan pemandangan di sekitar pemandian yang indah memanjakan mata. Selain itu, dengan berendam di kolam air hangat itu mampu menghilangkan kepenatan sehingga pengunjung bisa kembali segar.

"Karena rimbunnya hutan tropis mengelilingi pemandian ini, sehingga pemandangan yang asri dan sejuk sangat kami nikmati sekali apalagi berendam di air panas, " dia menandaskan.

"Kemudian ditambah lagi kami bisa melihat beberapa perbukitan yang diselimuti sabana hijau yang menambah kenyamanan berwisata di pemandian Lombongo."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.