Sukses

Ada Gempa di Gunungkidul, Getarannya Malah Terasa di Luar Kota

Kekuatan gempa di Gunungkidul sebesar 5,1 SR dengan kedalaman 10 kilometer.

Liputan6.com, Yogyakarta - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diguncang gempa dengan kekuatan 5.1 SR pada pukul 11.12 WIB. Belum ada laporan kerusakan akibat gempa yang terjadi di 135 kilometer barat daya Gunungkidul dengan kedalaman 10 kilometer itu.

Walaupun berkekuatan besar, Kasi Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Sutaryono, mengatakan, tidak semua warga Gunungkidul merasakan gempa tersebut. Bahkan, ia mendapat laporan dari tim di lapangan jika gempa tersebut hanya dirasakan sebagian orang.

"Sampai saat ini, kami masih melakukan pendataan ke sejumlah titik, belum ada laporan kerusakan akibat gempa," katanya saat dihubungi Kamis (20/7/2017).

Menurutnya, justru warga di luar Gunungkidul yang merasakan gempa siang ini, seperti warga Bantul, Sleman, dan Kota Yogyakarta. "Justru teman-teman saya di luar Gunungkidul yang merasakan gempa," kata dia.

Warga Playen, Gunungkidul, Ery K juga mengaku tidak merasakan gempa. Ia baru tahu ada gempa setelah diberi tahu tetangganya melalui media sosial.

"Enggak kerasa padahal juga lagi enggak ngapa-ngapain," ucapnya.

Sementara itu, Novi, warga Kota Sleman, mengaku merasakan gempa walaupun hanya sebentar. Ia merasakan goyangan gempa dalam waktu yang singkat.

"Kerasa sebentar makanya saya trus tanya temen-temen bener ya ada gempa. Ternyata iya," katanya.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.