Sukses

Selain Kawah Sileri, Kawah Timbang Dieng Juga Berbahaya

Pengunjung yang terdampak letusan Kawah Sileri Dieng ternyata berada di jarak 20 meter dari kawah.

Liputan6.com, Jakarta - Letusan Kawah Sileri, Pegunungan Dieng pada Minggu siang, 2 Juli 2017, menyebabkan 12 wisatawan mengalami luka ringan karena berada pada jarak 20 meter. Mereka dinilai tidak mengikuti rekomendasi untuk tidak mendekati bibir kawah di bawah 100 meter.

Badan Geologi-KESDM sudah menyampaikan rekomendasi sejak April 2017 agar pengunjung tidak mendekati bibir Kawah Sileri kurang dari 100 meter. Hal itu sudah disosialisasikan kepada pengelola waterboom, camat-camat di sekitar kawah-kawah Gunung Dieng, Bupati Banjarnegara dan BPBD Banjarnegara.

Dilansir Antara, sebelum letusan freatik kemarin, terjadi letusan freatik pada 30 April 2017 berupa satu kali semburan lumpur dengan ketinggian sekitar 10 meter dengan jarak lontaran hanya lebih kurang satu meter dari bibir kawah dengan ketebalan 1-2 mm.

Gempa letusan memiliki amplitudo maksimum 7,2 mm dan lama gempa 48.1 detik. Kemudian, terjadi letusan freatik berikutnya pada 24 Mei 2017 yang menyebabkan luapan air lebih kurang 1-2 m dari bibir kawah.

Terakhir pada 2 Juli 2017 pukul 11:54:24 WIB terjadi letusan freatik Kawah Sileri, Gunung Dieng yang mengeluarkan material lumpur dengan jarak lontaran kurang lebih 50 m ke arah Utara, Selatan dan tempat wisata waterboom.

Terkait aktivitas Kawah Sileri, Badan Geologi selalu mengingatkan agar, pertama, masyarakat tidak beraktivitas di Kawah Timbang, karena adanya ancaman bahaya gas CO2 dan H2S yang berbahaya bagi kehidupan.

Kedua, masyarakat agar waspada jika menggali tanah di sekitar Kawah Timbang dengan kedalaman lebih dari 1 meter karena dari tempat tersebut masih berpotensi terancam bahaya gas CO2 dan H2S.

Ketiga, masyarakat agar tetap tenang, tidak terpancing isu-isu terkait dengan aktivitas Gunung Dieng. PVMBG selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemkab Banjarnegara, Pemkab Wonosobo serta Pemkab Batang tentang aktivitas Gunung Dieng. Masyarakat juga diimbau selalu mengikuti arahan dari SATLAK PB dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah.

Keempat, bagi wisatawan yang mengunjungi kawasan wisata kawah disarankan tidak terlalu mendekat. Kelima, sehubungan dengan adanya peningkatan aktivitas vulkanik di kawah Sileri, masyarakat dan pengunjung diharapkan untuk meningkatkan kewaspadaan, dengan tidak mendekati kawah Sileri pada jarak 100 meter dari bibir kawah.

Adapun upaya mitigasi yang dilakukan dan yang akan dilakukan adalah pertama, melakukan monitoring dan evaluasi kawah-kawah di Gunung Dieng secara terus-menerus setiap hari oleh Badan Geologi melalui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi-KESDM.

Kedua, mengevakuasi para korban luka ke Puskesmas Batur 1. Ketiga, menutup sementara waktu Kawah Sileri oleh Polres dan Kodim dengan garis polisi. Keempat, BPBD dan Pos pengamatan Gunungapi Dieng mengamati visual dan mengukur dari area Kawah Sileri.

Kelima, Tim Reaksi Cepat BPBD Banjarnegara membuka posko Aju di Desa Kepakisan. Keenam, membuat jalur evakuasi khusus yang selama ini tidak ada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini