Sukses

Polda Jatim Siapkan Polisi Khusus Pemantau Provokator di Medsos

Polda Jatim menginstruksikan jajaran di bawahnya menindak segala bentuk provokasi di medsos.

Liputan6.com, Surabaya - Kapolda Jawa Timur Irjen Machfud Arifin sudah menyiapkan tim khusus (cyber crime) untuk memantau provokator di media sosial (medsos).

"Pengawasan akan kami perketat, terutama yang berbau provokasi di medsos," tutur Kapolda dalam jumpa pers bersama Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, Pangdam V Brawijaya, dan Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur di Sidoarjo, Rabu, 17 Mei 2017.

Menurutnya, akhir-akhir ini situasi bangsa semakin disibukkan dengan hujatan, baik dalam bentuk provokasi media sosial maupun lainnya. Hal itu berdampak pada rasa keamanan dan ketertiban masyarakat dalam menjaga keutuhan bangsa.

"Saya lihat itu di YouTube, menghujat, menghina, mengkafirkan, bahkan mengatakan PKI sana-sini. Hal ini justru akan merusak citra berbangsa dan bernegara," katanya.

Untuk melaksanakan instruksi Presiden Jokowi, pihaknya bersama jajaran Polres dan Polsek se-Jawa Timur akan menindak tegas segala bentuk provokasi yang disampaikan kelompok maupun individu. 

"Upaya yang kami lakukan ini untuk merangkul kalangan tokoh agama dan tokoh masyarakat, sehingga pendekatan sejak dini bisa meminimalisir kericuhan yang terjadi dalam negeri ini," ujar Kapolda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.