Sukses

Wakil Zumi Zola Jemur Ratusan Calon Pejabat Jambi di Lapangan

Liputan6.com, Jambi - Gubernur Jambi Zumi Zola untuk kedua kalinya melantik ratusan pejabat di lingkup Pemprov Jambi. Total ada 634 orang pejabat. Uniknya, pelantikan tersebut digelar di tengah lapangan saat terik matahari.

Pada proses pelantikan yang digelar Sabtu siang, 25 Maret 2017, Zumi Zola diwakili Wakil Gubernur (Wagub) Jambi Fachrori Umar. Lokasi pelantikan adalah lapangan di belakang kantor Gubernur Jambi. Sebelum pelantikan, beberapa pejabat sempat memilih berteduh karena terik matahari yang menyengat.

"Saudara-saudara yang baru saja dilantik, harus bersikap proaktif dan tidak malu atau merasa sungkan untuk bertanya kepada yang lebih mengetahui. Tersimpan harapan yang besar di pundak saudara-saudara untuk mewarnai pembangunan Provinsi Jambi menuju Jambi Tuntas," ujar Fachrori.

Ia mengingatkan agar pejabat yang dilantik tidak terlena dengan jabatan baru. Sebab, mereka akan terus dipantau dan dievaluasi kinerjanya.

Pejabat Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Erwan Malik menyebutkan, jumlah pejabat yang dilantik sebanyak 636 orang. Rinciannya, 178 orang pejabat eselon III dan 458 orang eselon IV dari total 38 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau instansi.

Dari ratusan pejabat yang dilantik itu, 14 orang di antaranya tidak hadir. "Pejabat yang tidak hadir dan tidak ada keterangan akan dilakukan evaluasi ulang. Sedangkan jika yang bersangkutan tidak hadir karena sakit atau menjalankan ibadah umrah, akan segera dilantik," ujar Erwan.

Pelantikan pejabat itu merupakan pelantikan besar-besaran yang dilakukan Zumi Zola selama menjabat sebagai Gubernur Jambi. Di penghujung 2016 lalu, tepatnya sebelum tahun baru 2017, Zumi Zola juga melantik ratusan pejabat. Jumlah pejabat yang saat itu dilantik sebanyak 584 orang.

Seperti kali ini, pelantikan yang dipimpin langsung Zumi Zola saat itu juga dilakukan di bawah terik matahari, tepatnya di lapangan belakang kantor Gubernur Jambi. Padahal saat gubernur sebelumnya, proses pelantikan pejabat selalu digelar di dalam ruangan, yakni di ruang pola kantor Gubernur Jambi.