Sukses

1 Ton Rendang untuk Aceh

Rendang dikirim ke Aceh dalam dua gelombang.

Liputan6.com, Padang - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyumbangkan 1 ton rendang untuk membantu pemenuhan kebutuhan logistik korban gempa Aceh. Selain itu juga dana Rp 450 juta dan 194 dus makanan siap saji.

Pengiriman bantuan itu sudah dilaksanakan pada Jumat, 9 Desember 2016. Bantuan itu ditujukan terutama untuk 11 ribu warga yang mengungsi.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan pemilihan rendang untuk bantuan karena saat ini masih tanggap darurat sehingga kebutuhan logistik sangat dibutuhkan.

"Rendang juga kuliner yang awet. Mudah-mudahan bisa membantu pengungsi selama beberapa hari," katanya, dilansir Antara.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar Nasridal Patria merinci 1 ton rendang itu adalah bantuan dari organisasi perangkat daerah yang akan dikirimkan dua gelombang.

Untuk uang Rp 100 juta merupakan bantuan dari Baznas Sumbar dan Rp 350 juta dari Pemprov Sumbar.

Sekretaris BPBD Sumbar Eliyusman bersama Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Pagar Negara mengatakan bersama iringan bantuan ikut enam personel BPBD dan empat dari PMI.

"Bantuan juga menyertakan dua unit mobil tangki air masing-masing berkapasitas 5.000 liter," katanya.

Sebelumnya juga telah dikirimkan 10 tenaga kesehatan dari RS M Djamil, di antaranya dua asisten residen, empat perawat mahir, dan empat ahli ortopedi.

Selain untuk Aceh, sekaligus dikirimkan bantuan untuk bencana banjir di Kabupaten Pasaman, Pasaman Barat serta bantuan longsor di Kabupaten Agam. Tim bantuan untuk Aceh akan dipimpin oleh Wakil Gubernur Nasrul Abit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.