Sukses

Puncak Arus Mudik di Bandung Diprediksi H-4 Lebaran

Dishub Kota Bandung telah menyiapkan 1.243 bus untuk para calon pemudik.

Liputan6.com, Jakarta Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung memprediksi puncak arus mudik hari raya Idul Fitri 1437 H, akan berlangsung pada H-4, yakni Sabtu, 2 Juli 2016. Lebih dari 200 ribu penumpang diperkirakan akan berangkat dari dua terminal di Kota Bandung, yaitu Cicaheum dan Leuwipanjang.

Menurut Kepala Bidang Angkutan dan Terminal Dishub Kota Bandung Yosep Heryansah, prediksi tersebut terjadi karena H -5 menjadi aktivitas terakhir pegawai negeri sipil (PNS).

"Jumat itu hari terakhir bekerja baik PNS maupun swasta. Sabtu sudah libur, kita prediksi libur pertama ini (H-4) sudah melaksanakan mudik," kata Yosep di Bandung, Rabu (29/6/2016).

Dia mengatakan, pihaknya telah menyiapkan 1.243 bus untuk para calon pemudik. Jumlah tersebut akan terbagi di dua lokasi, yaitu Terminal Cicaheum dan Terminal Leuwipanjang.

Untuk penumpang Terminal Cicaheum, Dishub Kota Bandung menyiapkan 988 bus yang terdiri dari 478 antarkota antarprovinsi (AKAP), 500 bus antarkota dalam provinsi (AKDP), serta 10 bus untuk armada cadangan.

Sementara di Terminal Leuwipanjang, pihaknya menyiapkan 258 bus yang terdiri dari 103 AKAP, 135 AKDP serta 20 bus cadangan. Untuk bus cadangan, menggunakan unit bus DAMRI yang beroperasi di Kota Bandung.

"Kita siapkan jauh-jauh hari, mulai dari pengecekan kendaraan termasuk para pengemudinya. Kita akan lakukan hal ini di setiap keberangkatan," ucap Yosep.

Di samping itu, Yosep juga memprediksi arus balik akan terjadi H +4 Lebaran, yaitu pada hari Minggu 10 Juli 2016. Sebab, menurut dia, tanggal tersebut merupakan hari libur terakhir untuk PNS maupun pegawai swasta.

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.