Sukses

Begini Aslinya Pura Indah di Lembar Uang Rp 50 Ribu

Liputan6.com, Bedugul - Pulau Bali mendapat tempat spesial di uang Indonesia. Selain wajah tokoh pahlawan nasional asal Bali, I Gusti Ngurah Rai pada uang pecahan Rp 50 ribu, ada pula gambar pura di sisi berbeda lembar uang pecahan berwarna biru itu.

Inspirasi gambar pura pada pecahan uang itu adalah Pura Ulun Danu Beratan. Pura yang berlokasi di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali, itu sangat sejuk dan dikelilingi pemandangan cantik dari tepi Danau Beratan, dekat Pegunungan Bedugul.

Pura ini merupakan pura terbesar kedua di Bali setelah Pura Besakih. Terletak di ketinggian 1.239 m di atas permukaan laut menjadikan Pura Ulun Danu berhawa sejuk, di bawah 25 derajat Celsius. Biasanya sejak siang hari kabut sudah turun.

Mengapa dinamakan Ulun Danu? Pura ini digunakan sebagai tempat diadakannya upacara untuk Dewi Danu (Dewi air, danau dan sungai). Dewi Danu merujuk kepada sosok Dewi Parwati atau istri Dewa Siwa.

Lingkungan sekelilingnya yang merupakan danau menjadikannya sebagai pemenuhan irigasi (subak) bagi wilayah di daerah sekitar aliran. Sebuah sistem yang memadukan antara kebutuhan rohani dan kebutuhan pemenuhan pangan masyarakat setempat.

Sejarah Pura Ulun Danu dapat dilihat dari Lontar Babad Mengwi. Dikisahkan I Gusti Agung Putu mengalami kekalahan perang dari I Gusti Ngurah Batu Tumpeng. Beliau bertapa di Puncak Gunung Mangu. Setelah mendapat kekuatan, beliau kembali berperang dan memperoleh kemenangan. Pendirian pura dilakukan sekitar 1634 Masehi.

Bangunan pura sesuai ciri khas Bali memiliki jumlah atap bertingkat yang berbeda–beda. Ada pura dengan atap tingkat 11 (pemujaan untuk Dewa Wisnu), atap tingkat 7 (pemujaan untuk Dewa Brahma) dan atap tingkat 3 (Dewa Siwa). Tiga dewa ini dikenal sebagai Dewa Trimurti.

Rizal, wisatawan asal Padang, Sumatera Barat mengaku kagum dengan keindahan Pura Ulun Danu. Awalnya ia mengaku tak tahu jika pura tersebut merupakan pura yang terdapat pada uang pecahan Rp50 ribu.

"Begitu diberi tahu oleh guide langsung saya cocokkan dengan uang Rp 50 ribu. Ternyata benar. Saya memang penasaran dengan pura ini. Indah sekali," katanya di Bedugul, Tabanan, Senin, 23 Mei 2016.

Pemandangan yang sejuk menjadikan tempat ini diminati oleh wisatawan mancanegara dan domestik. Harga tiket masuk pun relatif murah yakni Rp 10.000. Terdapat banyak fasilitas umum layaknya tempat wisata lainnya seperti tempat parkir dan toilet.

Pengunjung juga dapat berbelanja oleh–oleh di dekat tempat parkir. Jangan lupa untuk menawar ya, karena penjual terbiasa memasang harga yang tinggi. Selain itu, terdapat pula rumah makan yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman.

Bonus unik ketika mengunjungi Pura Ulun Danu adalah pengunjung bisa berfoto ala ikon uang Rp 50.000. Mau coba?