Sukses

Ini Cara Gubernur Bali Berburu Birokrat Hebat

Gubernur Bali menilai para pegawai muda yang pintar jadi tumpul jika terjebak di kotak birokrat.

Liputan6.com, Denpasar - Gubernur Bali Made Mangku Pastika melakukan terobosan guna mencari birokrat hebat. Dia mengumpulkan seluruh aparatur sipil negara di lingkungan pemprov setempat yang berusia di bawah 30 tahun untuk mencari bibit-bibit pegawai yang hebat dan pemberani.

Mereka dikumpulkan untuk menjalani psikotes dalam waktu singkat. "Psikotes, ingin mencari orang-orang yang hebat," kata Pastika, di Denpasar seperti dikutip Antara, Selasa (10/5).

Menurut dia, acara tersebut sengaja dibuat tertutup supaya para abdi negara itu berani. Mereka kadang-kadang menjadi takut untuk berekspresi ketika ada atasannya.

"Orang kalau masuk ke pemerintahan, masuk ke kotak birokrat, biar pinter bagaimana, biar hebat bagaimana, terpasung aturan yang ada," ujar Pastika.


Pastika berharap para ASN yang berusia muda tersebut kemudian dapat menjadi agen perubahan bagi lingkungan birokrasi di Pemprov Bali.

Mantan Kapolda Bali itu tidak memungkiri sesungguhnya banyak dari mereka itu yang ingin maju dan memiliki pemikiran yang bagus, tetapi tidak berani dikeluarkan.

"Mereka pengen untuk berekspresi, tetapi karena berada dalam 'kotak' nggak bisa. Itu persoalannya, saya ngerti," kata Pastika.

Sebelumnya dalam apel disiplin Senin 9 Mei 2016, Pastika meminta seluruh jajarannya untuk sadar terhadap fungsi dan keberadaan satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Pihaknya juga akan segera mengevaluasi kembali Satuan Kerja Perangkat Daerah ataupun bidang-bidang yang ada, khususnya di Dinas Perhubungan, Informasi dan Komunikasi (Dishubinfokom).

Selain itu juga mencari kader-kader aparatur sipil negara (ASN) muda yang pemberani dan mempunyai nyali untuk mengatasi permasalahan jembatan timbang di Desa Cekik, Kabupaten Jembrana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini