Sukses

Taat pada Agama, Pesepakbola Muslim di Liga Inggris Harus Lewati Tantangan Tinggi Selama Ramadhan

Liputan6.com, Jakarta Ramadhan 1444 H sudah dimulai sejak 23 Maret 2023 lalu dan akan berlangsung selama sekitar 30 hari. Di bulan ini umat Islam berkomitmen untuk berpuasa setiap hari tanpa makanan atau minuman dari fajar hingga senja, termasuk mereka yang berkarier di dunia olahraga sepak bola

Seperti para pemain muslim di Liga Inggris. Memenuhi tuntutan kuat untuk menjadi pesepakbola di liga ini saja sudah cukup sulit jika termasuk pemain papan atas.

Mulai dari pola makan yang optimal, hingga kerasnya latihan dan kompetisi, serta memastikan mendapatkan pemulihan yang tepat.

Jadi, sungguh luar biasa bahwa setiap tahun, selama sebulan penuh, para pesepakbola muslim mendedikasikan diri mereka untuk berpuasa selama berjam-jam setiap hari, dan semua dilakukan untuk menghormati keyakinan mereka.

Bulan Ramadhan tahun ini berlangsung sekitar 30 hari, yang bertepatan dengan periode penting dalam kalender sepak bola. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, beberapa pemain Liga Inggris diizinkan berbuka puasa di pertengahan pertandingan, untuk mengatasi tuntutan yang diberikan pada tubuh mereka.

Namun apa yang harus dilalui oleh para pemain tersebut untuk tetap setia pada agamanya selama bulan suci bagi umat Islam ini?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tantangan

Mulai dari subuh yang saat ini sekitar pukul 04.00 waktu setempat, pemain yang berpuasa tidak mengonsumsi makanan atau minuman apapun hingga matahari terbenam, yaitu kira-kira pukul 18.30 - itu berarti lebih dari 12 jam tanpa bahan bakar.

“Ini menimbulkan tantangan tertentu bagi pesepakbola dan atlet profesional,” kata kepala kedokteran olahraga Crystal Palace Dr Zafar Iqbal kepada Mirror Football.

"Anda harus berlatih dengan tingkat tinggi dan hal utama yang Anda khawatirkan adalah mengoptimalkan kinerja, hidrasi, nutrisi, tidur, latihan, dan pemulihan Anda."

3 dari 5 halaman

Mendukung

Dr Zafar telah bekerja di sejumlah klub sepak bola, termasuk Liverpool, Tottenham, Palace, Leyton Orient dan tim muda Inggris, serta dengan sejumlah atlet elit muslim, termasuk bintang rugby Selandia Baru yang menjadi petinju Sonny Bill Williams dan Inggris pemain kriket Moeen Ali.

Dia juga akan berpuasa selama Ramadhan - yang dimulai 10 hari lebih awal setiap tahun dibandingkan dengan kalender Gregorian - dan secara teratur menasihati dan mendukung para atlet yang berpuasa agar mereka terus tampil di olahraga masing-masing.

4 dari 5 halaman

Komunikasi

"Kuncinya adalah memiliki komunikasi yang terbuka. Saya pernah mendengar beberapa pemain khawatir mereka mungkin tidak mendapat dukungan dari manajer mereka atau tim medis/sains, jadi mereka menyembunyikan fakta bahwa mereka berpuasa karena mereka khawatir akan dinilai atau tidak dipilih," katanya.

Untungnya, kata Dr Zafar, semua manajer yang pernah bekerja dengannya sangat mendukung kebutuhan pemain mereka, meskipun itu tidak membuatnya lebih mudah dalam membantu mereka menavigasi jadwal yang sulit.

5 dari 5 halaman

Ahli Gizi

Beberapa pemain bahkan menambahkan hari untuk berpuasa ke dalam jadwal mereka sebelum Ramadhan agar tubuh mereka bisa menyesuaikan diri. Dia menjelaskan bagaimana tim medis dan sains duduk dengan setiap pemain yang bersiap untuk berpuasa, bersama dengan ahli gizi klub, untuk menyusun rencana tentang apa yang bisa mereka makan dan kapan.

“Saat buka puasa kita harus berhati-hati untuk tidak memberi mereka makanan yang kaya energi seperti gorengan atau makanan tinggi gula," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.