Sukses

Deretan Film Tentang Kecerdasan Buatan yang Bikin Puasa Enggak Terasa

Berikut tiga film tentang AI yang mungkin bisa membuat puasa kamu enggak terasa dan waktu seakan lebih cepat.

Liputan6.com, Jakarta - Saat menjalankan ibadah puasa, selain tadarus atau berdzikir, tak ada salahnya jika kamu meluangkan waktu untuk menonton film.

Beberapa film bertema kecerdasan (Artificial Intelligence/AI) bisa dijadikan pilihan untuk ditonton bersama rekan atau keluarga.

Mulai dari yang membahas soal algoritme media sosial hingga kemampuan AI yang menguasai manusia.

Berikut tiga film tentang AI yang mungkin bisa membuat puasa kamu enggak terasa dan waktu seakan lebih cepat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

The Social Dilemma

Film pertama yang bisa menemani kamu menunggu waktu buka puasa ini bercerita tentang algoritme media sosial.

Alur ceritanya tentang sebuah kelompok yang terdiri dari beberapa orang mantan pejabat di perusahaan teknologi seperti Facebook.

Ia menjelaskan cara kerja algoritme yang mengarahkan kehidupan penggunanya. Dari yang paling ringan adalah fashion hingga kepercayaan diri.

Kemudian, disampaikan juga kalau setiap aktivitas yang dilkukan di media sosial tadi telah direkam oleh perusahaan.

Kelompok itu mengklaim mereka tidak menggunakan media sosial karena temuannya itu.

3 dari 4 halaman

Upgrade

Selanjutnya tentang sebuah pasangan yang hidup bersama tapi berbeda profesi. Pria yang bernama Grey yang berprofesi sebagai seorang mekanik konvensional, sementara pasangannya yang terobsesi dengan teknologi.

Singkat cerita, pasangan itu kecelakaan dan membuat Grey lumpuh. Atas pertolongan dari temannya, yang menambahkan robot mikro dengan kecerdasan buatan untuk membantu Grey.

Setelah dipasangkan robot tersebut, Grey akhirnya bisa beraktivitas. Namun, lambat laun ia malah jadi sasaran kecerdasan buatan yang bernama Stem.

Stem mengambil alih tubuh Grey yang membuat semua aktivitas jadi dikendalikan Stem.

Belakangan, pria itu mengetahui kalau Stem yang dilengkapi AI itu telah menjadi penyebab kecelakaan.

 

4 dari 4 halaman

TAU

Selanjutnya tentang sebuah sistem AI yang mengendaikan smarthouse. Namun, tidak sesederhana yang dibayangkan, karena tu adalah bagian dari percobaan penelitian yang dilakukan terhadap beberapa orang.

Singkatnya, berkisah seorang perempuan yang diculik oleh ilmuwan yang sedang melakukan penelitian dengan memanfaatkan AI.

Perempuan itu mampu melakukan banyak tugas yang sesuai dengan ekspektasi si ilmuwan. Namun, ilmuwan tersebut kerap menghukum perempuan karena kesalahan kecilnya.

Tak hanya itu, sang ilmuwan juga menghukum TAU sebagai sistem kecerdasan buatan karena gagal mengawasi objek penelitiannya.

Alhasil, perempuan itu dan TAU bisa berkomunikasi dan semakin dekat, tak jarang TAU membantu beberapa keinginan perempuan itu untuk kabur dari smarthouse tersebut.

Secara sederhana, film ini bercerita tentang hubungan antara sistem kecerdasan buatan dengan seorang manusia objek penelitian.

Film tentang AI tersebut bisa jadi referensi kamu menonton film sembari menunggu waktu berbuka puasa. Bisa diitonton bersama keluarga subuh, atau bahkan malam setelah tarawih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini