Sukses

Pandemi Belum Berakhir, Perlu Hati-Hati saat Beribadah di Masjid Terutama Lansia

Perlu hati-hati bagi lansia yang ingin beribah di masjid di tengah pandemi COVID-19

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki bulan suci Ramadan kedua di masa pandemi, para ahli mengingatkan panduan tetap sehat saat berpuasa di masa pandemi COVID-19.

Mengingat situasi pandemi COVID-19 belum berakhir, petugas medis mengingatkan agar warga menghindari berjabat tangan, berpelukan dan melakukan pertemuan publik selama Ramadan.

“Masyarakat harus menghindari pertemuan-pertemuan publik, terutama di Majelis. Mereka yang pergi ke masjid untuk salat harus mengikuti pedoman keselamatan dengan ketat,” kata Kepala Departemen Penyakit Dalam Medeor Hospital, Dubai, Dr. Mohammed Shafeeq, dikutip dari Khaleejtimes.

Dr. Shafeeq mencatat bahwa pertemuan besar apa pun yang terkait dengan kegiatan Ramadan dapat meningkatkan kemungkinan terinfeksi dan menyebarkannya kepada orang lain. “Hindari pelukan dan jabat tangan agar tetap aman dan untuk kesejahteraan orang lain,” katanya.

 

 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hindari berbagi makanan

Dr. Shafeeq juga mengingatkan untuk menghindari berbagi makanan buka puasa dengan orang lain, terutama tetangga dan teman, yang sebelumnya menjadi norma selama Ramadan.

“Buka puasa dan sahur bersama hanya untuk orang yang tinggal serumah. Orang harus mengingat situasi saat ini. Jumlah kasus baru menurun. Kami harus menunjukkan disiplin diri yang tinggi selama bulan ini dan menghindari distribusi dan pertukaran makanan antara tetangga, teman, dan kerabat,” lanjutnya.

Ramadan memang merupakan momen untuk refleksi, puasa, pengabdian dan juga berhubungan kembali dengan teman dan anggota keluarga bagi yang beriman. Tetapi hal itu bisa menjadi malapetakka, terutama bagi para lansia, kata Dr Shafeeq.

Ia menyarankan kepada kelompok ini, pentingnya untuk mengambil tindakan pencegahan ekstra saat berbelanja di mal dan hipermarket dan harus menghindari kunjungan luar ruangan yang tidak perlu. “Para lansia dan mereka yang menderita penyakit kronis, membuat mereka berisiko lebih besar, sehingga harus terus menghindari tempat umum. Setiap orang harus memakai masker sepanjang waktu saat mereka berada di luar rumah.”

3 dari 3 halaman

Infografis Aman Berpuasa Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.