Sukses

Mau Punya Bisnis Sampingan Saat Ramadan, 5 Cara Ini Patut Dicoba

Anda bisa mulai dengan jualan online barang-barang atau makanan yang tinggi permintaan saat Ramadan dan Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang memanfaatkan momen Ramadan dan Lebaran untuk membuka bisnis sampingan. Dari bisnis tersebut, Anda bisa mendapat tambahan pemasukan selain gaji bulanan. Tapi, pastikan dulu pekerjaan sampingan ini tidak mengganggu pekerjaan utama biar tidak stres sendiri nanti.

Nah, apabila saat ini Anda sudah niat ingin membuka usaha sampingan tetapi bingung harus mulai dari mana? Anda tak begitu percaya diri sebab Anda termasuk ‘newbie’ alias pemula dan belum pernah jualan online atau bisnis sampingan apapun.

Tenang saja, tak perlu bingung, Anda bisa mulai dengan jualan online barang-barang atau makanan yang tinggi permintaan saat Ramadan dan Lebaran. Bisa dibilang peluang bisnis sampingan menjelang lebaran masih sangat besar. Semua tergantung kepada kejelian melihat peluang usaha dan menjalankannya.

Pastinya, buat pemula, hal terpenting adalah keberanian memulai dan mengetahui strategi bisnis yang pas. Supaya bisnis sampingan yang Anda jalankan berjalan lancar dan cepat meraih untung, coba terapkan 5 tips praktis berbisnis berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Pilih Bisnis yang Sesuai dengan Situasi dan Kondisi

Situasi yang Anda hadapi dalam beberapa minggu kedepan adalah lebaran. Namun, lebaran tahun ini sedikit berbeda. Sebab, kita sedang berada dalam kondisi pandemi virus corona.

Tapi Anda tak perlu minder dengan kondisi yang terjadi saat ini. Dibalik kesusahan tetap tersimpan peluang bisnis. Meski saat ini kondisinya harus berdiam diri di rumah, bekerja dan beribadah dari rumah, permintaan akan produk-produk lebaran masih cukup besar.

Lantas, apa saja jenis bisnis yang berpotensi laris manis? Berikut ide usaha sampingan yang bisa Anda pilih antara lain, parcel sembako, aneka kue dan masakan lebaran, perlengkapan ibadah, minuman kesehatan, aneka masker dan jaket pelindung diri edisi lebaran, dan lain sebagainya.

Sebaiknya, pilih jenis usaha yang sesuai dengan modal yang dimiliki. Apabila modal cukup besar, Anda bisa melirik bisnis custom parcel bingkisan menarik lebaran atau usaha kue dan masakan khas lebaran. Namun, bila modal pas-pasan, pilih bisnis sampingan seperti menjadi reseller atau freelancer sesuai keahlian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Tetapkan Harga yang Bersaing

Jumlah pedagang menjelang lebaran lumrahnya akan meningkat secara drastis. Banyak orang tertarik untuk berjualan secara online lantaran besarnya keuntungan yang akan didapatkan. Tapi, semua butuh strategi jualan yang tepat. Nah, agar bisnis Anda tidak kalah bersaing dengan bisnis orang lain, sebaiknya tetapkan harga yang bersaing. Artinya, jangan terlalu mahal ataupun terlalu murah.

Dalam dunia bisnis online, harga yang bersaing menjadikan suasana bisnis lebih hidup. Menangkan persaingan pasar dengan cara buatlah produk dengan kualitas pelayanan yang baik. Misalnya, berikan diskon ongkos kirim, respon yang cepat, dan kemudahan order via WhatsApp. 

3. Gunakan Strategi Marketing yang Tepat

Agar usaha yang baru Anda rintis bisa cepat cuan, gunakan strategi marketing online yang tepat. Percaya diri dan promosikan bisnis atau usaha sampingan melalui sosial media (facebook, Instagram, TikTok,), WhatsApp story, website/blog pribadi, hingga buka toko online di situs marketplace.

Promosikan produk/jasa jualan Anda melalui foto/video yang dikemas dengan caption gaya bahasa menarik agar sukses menggaet pembeli. Jangan ragu juga untuk promosi dengan cara mengajak kolaborasi teman atau relasi Anda. Apalagi jika mereka juga menjalankan bisnis, coba tawarkan kerja sama dengan keuntungan menarik.

3 dari 3 halaman

4. Lakukan Inovasi agar Semakin Kreatif

Sebagai penjual, Anda perlu melakukan inovasi agar produk/jasa yang dijual memenuhiharapan konsumen. Inovasi tidak terbatas pada produk atau barang dagangan saja, tapi jugadari segi pelayanan, promosi hingga dan kemudahan sistem pembayaran.Sebagai pemula, Anda harus rajin-rajin mencari dan mengasah inovasi berbisnis.

Gunakan sosial media untuk mempelajari cara-cara sukses berbisnis online. Lalu coba terapkan hal-halyang telah dipelajari ke dalam usaha Anda. Misalnya, belajar cara mengambil foto produk yangmenarik menggunakan ponsel pintar atau belajar membuat video tutorial memasak kue.

5. Kelola Keuangan dengan Bijak

Nah, poin yang satu ini cukup penting dan tak bisa disepelekan. Ketika Anda berbisnis, pelajaricara mengatur keuangan dengan bijak. Selalu catat dan pisahkan keuangan pribadi denganusaha. Tujuannya, supaya Anda paham apakah usaha sampingan Anda sudah berjalan bagusdan balik modal atau sebaliknya.

Jalankan Bisnis Online dengan Serius dan Sabar

Berbisnis sampingan itu ibarat menanam pohon durian dan menunggunya berbuah. Dibutuhkankesabaran dan usaha ekstra di awal-awal usaha sehingga nanti bisa menuai hasil yang manis.Selain sabar, memulai bisnis sampingan dari nol harus diimbangi dengan keseriusan agarbisnis berjalan baik, tidak asal-asalan agar bisa mendapat untung maksimal. Jadi lakukan yangterbaik ya! Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini