Sukses

Cara Tetap Bersilaturahmi Saat Ramadan di Tengah Pandemi Corona Covid-19

Meski di rumah aja saat pandemi Covid-19 seperti ini, banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap terkoneksi dengan orang lain.

Liputan6.com, Jakarta Silaturahmi merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan saat puasa Ramadan. Saling mengunjungi dan bertukar cerita menjadi kebiasaan yang tak luput dikerjakan.

Namun, di tengah pandemi Corona Covid-19, kita menjadi terbatasi akibat berbagai kebijakan jaga jarak sosial dan juga untuk menetap di rumah saja.

Di tahun ini, suasana puasa Ramadan memang sedikit berbeda dari biasanya. Meskipun pandemi Corona Covid-19 berlangsung di tengah puasa Ramadan, silaturahmi tetap bisa dijalankan lho. Meskipun pastinya tetap berpedoman pada aturan social distancing.

Berikut adalah tips silaturahmi saat Ramadhan di tengah pandemi Corona Covid-19 yang bisa kamu lakukan. Apa saja?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Kirim Ucapan di Media Sosial

Tips silaturahmi saat Ramadan di tengah pandemi Corona Covid-19 yang pertama adalah dengan mengirim ucapan melalui media sosial.

Kamu bisa mengirim ucapan selamat berpuasa, atau berbuka puasa dan segala hal yang berhubungan dengan bulan Ramadan melalui media sosial, baik itu WhatsApp, Line, Instagram, dan lain sebagainya.

Di tengah kondisi pandemi ini, mengirim ucapan melalui media sosial bisa menjadi alternatif cara bersilaturahmi jarak jauh yang paling efektif. 

Apalagi di zaman yang serba canggih saat ini, semua orang telah menggunakan media sosial untuk kegiatan berkomunikasi di kehidupan sehari-hari.

Nah, jika kondisi daerahmu atau kerabat masih tidak memungkinkan akibat sinyal yang kurang baik, kamu bisa kok bersilaturahmi via telepon pulsa atau SMS. Pokoknya, enggak ada halangan untuk silaturahmi ya.

3 dari 5 halaman

2. Saling berkirim parcel

Tips silaturahmi saat Ramadhan di tengah pandemi corona Covd-19 selanjutnya adalah dengan saling berkirim parsel.

Sebenarnya kegiatan tersebut sudah lumrah dilakukan saat Ramadan. Karena kondisi pandemi saat ini, kamu bisa tetap mempererat silaturahmi dengan saling berkirim parsel Ramadan dengan orang terdekat.

Kamu tidak perlu keluar rumah, dan bisa menggunakan jasa online yang sudah banyak tersedia.

Jangan lupa, sertakan kartu ucapan yang berisi kata-kata penyemangat dan doa yang baik bagi si penerima. Dijamin, silaturahmi tetap akan erat.

 

4 dari 5 halaman

3. Buka puasa online

Pandemi Corona COvid-19 juga otomatis bakal mempengaruhi aenda khas puasa Ramadan, yakni buka bersama. Tapi, jangan kecewa. Ada tips silaturahmi saat Ramadhan di tengah pandemi corona covid-19 yang bisa kamu coba. Yaitu, dengan memanfaatkan teknologi video conference.

Kamu bisa melaksanakan buka bersama via online dengan teman atau keluarga jauh. Meskipun tidak bisa saling bertatap muka langsung. silaturahmi tetap bisa terjalin dan mengobati kerinduan lewat online kan.

Pemanfaatan aplikasi dan platform video conference yang ada sekarang, dapat dijadikan saran untuk mengadakan buka bersama, namun tetap secara online. Jenis platform tersebut antara lain seperti Google Meet, Zoom, Google Hangout, dan lain sebagainya.

 

5 dari 5 halaman

4. Jaga Jarak

Jika terpaksa harus bertemu secara langsung dengan orang lain, pastikan kamu melakukan jaga jarak. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona Covid-19.

Aturan jaga jarak atau yang disebut physical distancing ini dilakukan dengan memberi jarak minimal 1 hingga 2 meter, hal ini agar tidak adanya sentuhan tidak sengaja dengan orang lain.

Selain itu, dengan menjaga jarak, maka dapat menghindarkan kamu dari terkena percikan ludah yang berasal dari orang lain. Kamu juga harus menggunakan masker demi keselamatan.

Terakhir, setelah selesai dari luar ruangan jangan lupa untuk mencuci seluruh baju, dan mandi hingga bersih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini