Sukses

Pemudik: Di Jakarta Susah Cari Kerja, Mending Wirausaha di Kampung

Menurut pemudik, mencari rezeki tak melulu harus menetap di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Tak semua pemudik tertarik mengajak sanak saudara mengadu nasib di Jakarta. Seperti Ntis Sutisna, pemudik asal Cipanas Jawa Barat. Ia tak menganjurkan saudaranya untuk mencoba peruntungan ke Ibu Kota. Meski, latar belakang Ntis adalah seorang pengusaha percetakan.

"Saya pikir kalau untuk coba-coba jangan ya. Kecuali sudah dapat kerjaan. Tak apalah," ujar dia kepada Liputan6.com saat ditemui di Terminal Kampung Rambutan, Senin (10/6/2019).

Menurut Ntis, mencari rezeki tak melulu harus menetap di Jakarta. Di kampung halaman pun ada peluang meraih kesuksesan. Ntis mencontohkan pada keluarga besarnya sendiri.

"Di Cipanas banyak orang-orang Arab. Itu dijadikan peluang oleh saudara saya. Mereka banyak yang buka rental mobil atau pemandu wisata," ucap Ntis.

Bahkan, ada dari saudaranya yang sudah punya berbagai usaha. "Kami tahunya pas kemarin ngumpul di kampung," terang dia.

Hal senada disampaikan Munajat (42). Dia juga tak mengajak saudaranya dari Majalengka untuk ke Jakarta. Lebaran tahun ini, ia mudik ke tempat istrinya di Kebumen, Jawa Tengah.

Menurut dia, lebih baik berwirausaha di kampung halaman ketimbang harus ke Jakarta.

"Enggak lah (ngapain ajak saudara) di sini susah cari kerja mending wirausaha di kampung," ucap dia.

Munajat bersama keluarganya memilih balik pada hari ini karena besok sudah masuk kerja. Ia kerja di daerah Jati Lancar, Tangerang.

"Ya ini ini terakhir libur. Jadi bisa istirahat sebentar di rumah," ujar Munajat.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.