Sukses

Nikmati Serunya Ngabuburit di Masjid-Masjid Terindah di Indonesia

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menunggu waktu berbuka puasa. Salah satunya adalah ngabuburit di masjid-masjid terindah di Indonesia ini.

Liputan6.com, Jakarta Ramadan sudah berlangsung lebih dari satu minggu. Umat Islam sudah terbiasa menjalani hari-hari di bulan penuh berkah ini.

Di bulan Ramadan, umat Islam tak hanya menahan lapar dan haus. Umat Islam juga menjaga perilaku dan menahan diri dari kata-kata tak pantas. Tujuannya adalah kembali fitrah di saat hari raya tiba.

Meski berpuasa, bukan berarti kamu hanya tidur-tiduran dan berdiam diri di rumah. Beberapa masjid cantik di Nusantara biasa menjadi pilihan untuk ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa. Keindahan masjid-masjid ini cocok untuk swafoto atau hanya sekadar bersantai. Bahkan, siapa tahu Anda bisa menemukan makanan khas setempat untuk berbuka puasa.

1. Masjid Raya Sumatera Barat, Padang

Kota Padang dikenal sebagai kota dengan pemandangan alam yang indah. Gunungnya terhampar menyejukkan, sementara kotanya bersahaja. Padang terkenal bukan hanya sebagai kota dengan sunset yang sangat indah, tapi juga salah satu destinasi wisata religi terbaik di Indonesia.

Masjid Raya Sumatera Barat menjadi buktinya. Masjid ini berdiri megah dengan arsitektur yang cukup unik. Tak seperti kebanyakan masjid yang menggunakan kubah, atap,  Masjid Raya Sumatera Barat didesain dengan inspirasi Rumah Gadang.

Layaknya rumah adat khas Minangkabau, atap masjid tersebut juga memiliki empat sudut yang meruncing. Selain itu Masjid Raya ini juga didesain agar tahan gempa mengingat daerah Sumbar sering diguncang oleh gempa, baik berskala sedang maupun besar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang

Siapa yang tidak tahu keindahan Masjid Agung Jawa Tengah? Memang hampir setiap kota besar memiliki masjid. Namun, masjid di Kota Lumpia ini punya keunikan tersendiri, yaitu gaya arsitektur yang lebih modern dibandingkan masjid-masjid lainnya di Indonesia.

Apalagi ada payung hidrolik raksasa yang bisa membuka dan menutup secara otomatis. Sebagai catatan, setiap bulan puasa di Masjid Agung Semarang biasanya ada Dugderan.

Dugderan adalah sebuah tradisi masyarakat Semarang dalam menyambut bulan Ramadan. Selain itu, kamu juga bisa melihat keindahan Kota Semarang melalui Menara Asmaul Husna setinggi 99 meter. Apalagi menara setinggi 19 lantai tersebut juga menyediakan teropong pandang.

3 dari 5 halaman

3. Masjid Istiqlal, Jakarta

Masjid Istiqlal merupakan masjid legendaris yang dimiliki Indonesia. Masjid ini dibangun di zaman Presiden Sukarno oleh arsitek FX Silaban. Tak hanya memiliki bangunan super megah dan bisa menampung hingga kurang lebih 200.000 anggota jemaah, masjid ini istimewa karena menjadi tempat beribadahnya para kepala negara yang pernah memimpin Indonesia.

Apalagi ada banyak kegiatan menarik yang kerap dihadirkan saat bulan Ramadan di masjid terbesar se-Asia Tenggara tersebut. Jadi, bakal membuat kegiatan selama bulan puasa menjadi lebih maksimal.

Jika kamu berkunjung ke masjid Istiqlal di bulan suci ini, banyak kesempatan beribadan yang bisa dilakukan. Misalnya saja membaca Alquran. Jangan lupa juga, di sore hari selalu ada buka puasa berjemaah dengan takjil yang disiapkan oleh pengurus masjid.

 

4 dari 5 halaman

4. Masjid Kubah Emas, Depok

Kalau belum ada waktu untuk mengunjungi destinasi-destinasi masjid di tempat yang jauh, datang saja ke Masjid Raya Kubah Emas, Depok, Jawa Barat. Terletak di Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo, masjid ini memesona setiap pendatangnya dengan gaya arsitektur Timur Tengah yang sangat kental.

Saat cuaca cerah, memandang masjid ini sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba bakal memberikan pengalaman yang damai dan menenangkan hati.

5 dari 5 halaman

5. Masjid Al Irsyad, Bandung

Bandung itu indah dan penuh dengan atraksi wisata. Namun, begitu sore mulai menjelang dan waktu berbuka puasa kian dekat, datanglah ke Masjid Al-Irsyad.

Jangan heran kalau begitu banyak orang yang datang di tempat ini untuk ngabuburit karena Masjid Al-Irsyad juga dikenal sebagai salah satu destinasi wisata Bandung.

Keunikannya ada pada bentuk bangunan yang menyerupai kubus. Dikombinasi dengan gaya minimalis modern, bikin makin betah berlama-lama memandangi masjid yang juga terinspirasi oleh Kakbah ini.

Nah, itu lima masjid indah untuk tempat ngabuburit. Kamu pilih yang ada?

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.