Sukses

8 Berkah Bulan Ramadhan yang Hanya Dirasakan Satu Kali dalam Setahun

Liputan6.com, Jakarta Ramadhan akan datang sebentar lagi. Setiap ummat Muslim akan menyambutnya dengan suka cita. Soalnya, bulan ini membawa berkah yang sangat luar biasa banyaknya. 

Banyaknya berkah bulan Ramadhan, kamu bisa meraihnya dengan sangat mudah. Tak hanya lewat ibadah utamanya, yaitu puasa. Melainkan kamu juga bisa mendaptkan berkah bulan Ramadhan dengan amalan-amalan yang sederhana.

Salah satunya adalah dengan mengucap zikir atau bersedekah. Nampaknya sederhana, namun ganjaran yang bakal diterima bisa berlipat-lipat ganda dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Maka tak heran, kalau di bulan Ramadhan ini kita disarankan untuk meningkatkan ibadah.

Nah, tak hanya disambut dengan hati penuh dengan suka cita. Kamu bisa mengiringi kebahagiaan tersebut dengan melafalkan do’a agar amalan diterima.

“Allahumma sallimnii ilaa ramadlaana wa sallim lii ramadlaana wa tasallamhu minni mutaqobbalaa”.

Artinya:

" Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan."

Selain menyambutnya dengan do’a untuk mendapatkan keberkahannya dalam menyambut Ramadhan, ada berkah bulan Ramadhan lainnya yang bisa kamu rasakan saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini.

Berikut ini, Liputan6.com, Rabu (1/5/2019) telah merangkum beberapa berkah bulan Ramadhan yang bisa kamu rasakan. Telah dirangkum dari berbagai sumber, ini berkah bulan Ramadhan yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan amalan-amalan yang disunnahkan.

2 dari 5 halaman

Berkah Bulan Ramadhan

Perbanyak Do’a

Orang yang menjalankan puasa, saat berbuka adalah salah satu orang yang doanya di mustajab. Oleh karena itu, perbanyaklah berdoa saat kamu sedang berpuasa, terlebih saat sedang berbuka. Berdoalah untuk kebaikan diri kamu sendiri, keluarga, bangsa, dan saudara-saudara kamu sesama muslim yang ada di belahan dunia ini.

Menghatamkan Al-Qur’an

Berkah bulan Ramadhan bisa kamu dapatkan dengan cara menghatamkan Al-Qur’an. Ya, bulan Ramadhan merupakan bulannya Al-Qur’an. Pada bulan inilah Al-Qur’an pertama kali turun dari lauhul Mahfuzh ke langit dunia sekaligus. Dengan ini Alah SWT berfirman:

“Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)”. – Al Baqarah: 185.

 

3 dari 5 halaman

Berkah Bulan Ramadhan: Shalat Tarawih

Shalat Tarawih

Selain itu, berkah bulan Ramadhan yang hanya bisa kamu dapatka di bulan ini adalah dengan shalat tarawih. Rasulullah SAW bersabd: “Barang siapa yang menghidupkan malam bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”.

I’tikaf

I’tikaf adalah berdiam diri di masjid untuk beribadah kepada Allah SWT. I’tikaf ini disunnahkan bagi laki-laki dan perempuan, karena Rasulullah SAW selalu beri’tikaf terutama pada sepuluh malam terakhir dan para istrinya juga ikut I’tikaf bersamanya. Juga hendaknya orang yang melaksanakan I’tikaf ini memperbanyak dzikir, istighfar, membaca Al-Qur’an, berdoa, shalat sunnah, dan lain sebagainya.

4 dari 5 halaman

Memperbanyak Berbuat Kebaikan

Memperbanyak Berbuat Kebaikan

Bulan Ramadhan merupakan peluang emas bagi setiap muslim untuk menambah jumlah pahalanya di sisi Allah. Di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah dan Baihaki dikatakan bahwa amalan sunnah pada bulan Ramadhan bernilai seperti amalan wajib dan amalan wajib ini senilai 70 amalan wajib di luar Ramadhan.

Maka itu, raihlah setiap peluang untuk berbuat baik sekecil apapun meskipun hanya sekedar tersenyum di depan orang lain. Ciptakanlah kreasi dan inovasi dalam berbuat kebaikan agar tabungan kebaikan kamu terus bertambah.

Bersedekah

Rasulullah SAW bersabda: “Sebaik-baik sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadhan” (HR. Tirmidzi).

Ibnu Abbas RA berkata: “Nabi (Muhammad SAW) adalah orang yang paling dermawan di antara manusia. Kedermawanannya meningkat saat malaikat Jibril menemuinya setiap malam hingga berakhirnya bulan Ramadhan, lalu Nabi membacakan al-Quran di hadapan Jibril. Pada saat itu kedermawanan Nabi melebihi angin yang berhembus.”

Dan pada akhir bulan Ramadhan Allah mewajibkan kepada setiap muslim untuk mengeluarkan zakat fitrah sebagai penyempurna puasa yang dilakukannya.

 

5 dari 5 halaman

Berkah Bulan Ramadhan: Umaroh dan Berbagi

Umroh

Bulan Ramadhan juga merupakan waktu terbaik utnuk melaksanakan umrah, karena dengan umroh pada bulan Ramadhan memiliki pahala tersendiri seperti pahala haj bersama Rasulullah SAW. Rasulullah SAW bersabda, “Umroh pada bulan Ramadhan seperti haji bersamaku”.

Nah, itu tadi beberapa amalan yang bisa kamu lakukan selama di bulan Ramadhan. Kurangi kegiatan-kegiatan yang bersifat sia-sia dan lakukan amalan-amalan berpahala sebagai tabungan untuk di akhirat kelak.

Memberi Buka Puasa

Berusaha untuk memberikan makanan untuk berbuka puasa bagi mereka yang berpuasa walaupun hanya seteguk aiar, ataupun sebutir kurma, maka sebagaimana sabda Rasulullah yang berbunyi: “Barang siapa yang memberi ifthar (untuk berbuka) orang-orang yang berpuasa maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tanpa dikurangi sedikit pun”. (Bukhari Muslim).

 

Loading