Sukses

Tips Kembalikan Metabolisme Setelah Tur Kuliner Lebaran

Jakarta Hidangan saat lebaran memang sangat nikmat, beragam dan banyak yang mengandung santan. Nah, memang makanan khas lebaran tersebut sulit untuk dihindari karena memang mayoritas setiap rumah akan menghidangkan berbagai makanan lezat tersebut.

Tapi, sebagai konsekuensinya, tubuh kita menjerit kekenyangan dan mulai protes. Rasa eneg, sembelit atau pun rasa sesak di dada merupakan tanda umum jika kita makan berlebihan. Nah, jangan terlena, segera lakukan detoks untuk mengembalikan fungsi pencernaan seperti semula. Ini caranya:

Setelah makan 

Minumlah teh herbal, misalnya teh jahe atau teh peppermint hangat. Minuman hangat akan memperbaiki pencernaan secara umum. Jahe dan peppermint akan mengurangi rasa eneg.

Makan pepaya untuk menambah asupan serat dan melancarkan pencernaan.

Jangan tidur-tiduran dua hingga tiga jam setelah makan untuk mencegah sembelit dan naiknya asam lambung

Keesokan paginya

Makan oatmeal untuk sarapan. Oatmeal tinggi serat yang mudah larut, sehingga merangsang kerja usus agar mudah buang air besar.

Banyak minum air putih untuk membuang racun dalam tubuh. Selain itu serat mudah larut dalam oat yang dimakan saat sarapan, membutuhkan air agar bisa bekerja maksimal.

Sepanjang hari

Usahakan menyantap sayuran atau buah, di samping ikan-ikanan dan daging-dagingan. Misalnya wortel dan selada pada bistik, atau makan buah setelah makan rendang.

Perbanyak bergerak ringan.

Begitu banyak makanan yang enak-enak disajikan saat Lebaran. Kembali pada diri kita sendiri untuk mampu mengendalikan nafsu makan dan memperbaikinya setelah berhari-hari digempur makanan yang berisiko kolesterol. Semoga sehat selalu!

Sumber: Vemale

Reporter: Winda Carmelita

Artikel Selanjutnya
Potret Lebaran di Keluarga Ringgo
Artikel Selanjutnya
Polri Dinyatakan Sukses Minimalisir Kasus Begal dan Kecelakaan Selama Musim Mudik