Sukses

Begini Upaya Planet Ban Menjaga Kelestarian Lingkungan

Planet Ban mengenalkan kampanye #UntukPlanetKita sebagai upaya menjaga kelestarian lingkungan. Dalam menjalankan kampanye ini, Planet Ban turut melibatkan para konsumen tanpa membebaninya

Liputan6.com, Jakarta - Planet Ban mengenalkan kampanye #UntukPlanetKita sebagai upaya menjaga kelestarian lingkungan. Dalam menjalankan kampanye ini, Planet Ban turut melibatkan para konsumen tanpa membebaninya.

“Kampanye #UntukPlanetKita merupakan program keberlanjutan Planet Ban yang direpresentasikan dalam bentuk prinsip 5i (Reduksi Emisi, Konversi, Konservasi, Proteksi dan Mediasi). Senantiasa menggunakan inovasi sebagai landasan utama dalam membangun bisnis berkelanjutan. Kami siap gencarkan kolaborasi dan inisiatif ramah lingkungan guna dorong keberlanjutan industri otomotif lewat program ini,” ucap Deden Hendra Shakti, Chief Operating Officer Planet Ban di Jakarta (2/5/2024).

Inisiatif keberlanjutan Planet Ban digerakkan lewat program servis rasa mesin baru, sebagai upaya mereduksi kadar emisi gas buang bagi para pengendara sepeda motor di seluruh Indonesia.

Dari hasil penelitian tim internal mereka, layanan servis ini diklaim mampu menurunkan rata-rata kadar emisi HC sepeda motor sebesar 67 persen. Lalu emisi CO turut berkurang sebesar 73 persen.

Data penelitian yang sama juga mengungkapkan rata-rata jarak tempuh motor (km/liter) meningkat sebesar 16 persen.

Di sisi lain, Planet Ban berkontribusi dalam menciptakan lingkungan lebih baik dan mengurangi dampak negatif. Guna mencegah potensi pencemaran dari limbah ban bekas konsumen.

Mereka menggandeng CarbonEthics, organisasi dengan fokus terhadap keseimbangan iklim. Mereka memproses limbah ban motor bekas menjadi Alat Pemecah Ombak (APO) yang membentang sepanjang 150 meter di sepanjang garis pantai Dusun Bungin, Tanjung Pakis, Kabupaten Karawang.

Sebelumnya, Planet Ban telah mendorong pelanggan untuk meninggalkan ban bekas saat membeli ban baru. Kemudian diolah ulang menjadi produk berguna, melalui kerja sama dengan pihak ketiga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengurangi Limbah Plastik

Selain itu, perusahaan gandeng produsen ban resmi agar menerapkan kebijakan tanpa plastik dalam penjualan ban. Ini juga sebagai bagian dari dukungan terhadap program pemerintah dalam mengurangi limbah plastik.

Lebih dari itu, Planet Ban telah melaksanakan sejumlah inisiatif penting dalam mendukung komitmen zero emission dan zero waste. Termasuk layanan uji emisi dan servis berkala, pengelolaan limbah oli.

Kemudian menghilangkan plastik pembungkus, serta penggunaan bahan ramah lingkungan untuk suku cadang motor.

Dalam mendukung ekosistem motor listrik. Mereka juga menyediakan layanan servis dan battery swap station di sejumlah outlet. Saat ini perusahaan juga tengah mengadakan riset terkait konversi motor listrik.

“Planet Ban terus berupaya menyediakan produk dan layanan berkelanjutan terdepan bagi para pengendara sepeda motor di Indonesia. Seiring dengan pertumbuhan perusahaan. Kami terus berkontribusi dalam menciptakan lingkungan lebih baik dan mengurangi dampak negatif terhadap planet kita. Yakni lewat berbagai program digalang guna menggerakkan industri otomotif menuju masa depan semakin ramah lingkungan,” Deden memungkasi.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini