Sukses

Tips Mudik bagi yang Punya Penyakit Jantung

Selalu waspadai penyakit jantung kambuh di saat mudik dengan melakukan beberapa hal berikut

Liputan6.com, Jakarta Apabila akan melakukan mudik namun Anda atau anggota keluarga memiliki kondisi penyakit jantung, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mencegahnya menjadi fatal.

Menurut anggota Departemen Keorganisasian Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia, dr. Ade Meidian Ambari, SpJP, paling tidak ada dua hal yang harus dilakukan apabila memiliki riwayat penyakit jantung dan akan melakukan mudik.

1. Membawa obat

"Kalau punya riwayat sakit jantung, yang pertama dia harus bawa semua obat-obatannya," ujar Ade di Kantor PERKI, Jakarta Barat, ditulis Jumat (8/6/2018).

Hal itu tentunya agar tidak terjadi apa-apa ketika melakukan perjalanan, atau bahkan ketika berada di kampung halaman.

"Jadi jangan sampai lupa. Kadang-kadang pulang kampung kita tidak bawa obat. Akhirnya serangan jantung di kampung," kata Ade.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan lelah dan makan dengan baik

2. Jangan terlalu lelah

Selain itu, orang dengan penyakit jantung menghindari kondisi terlalu lelah selama perjalanan. Menurut Ade mengemudi memang tidak terlalu membuat seseorang merasa lelah, namun hal itu bisa menimbulkan perasaan stres.

"Kalau capek, istirahat," tambahnya. Menurut Ade, saat ini sudah banyak tempat istirahat yang disediakan selama mudik lebaran di perjalanan.

3. Makan baik

Yang ketiga tentu saja Anda harus menjaga pola makan serta selalu mengonsumsi asupan yang sehat.

"Makan yang baik, jangan sampai telat, terus hati-hati," ujar Ade menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.