Sukses

Buka Puasa dengan Segelas Air Hangat, Ini Faedahnya

Minumlah segelas air hangat saat buka puasa, karena hal ini memberikan manfaat lebih.

Liputan6.com, Jakarta Meneguk air es saat buka puasa biasanya pilihan favorit banyak orang. Air yang dingin memang langsung memberikan reaksi segar. Namun, ahli kesehatan tidak menyarankan hal ini. Kenapa?

Dr. dr. Saptawati Bardosono M, Sc beberapa saat lalu pernah menyampaikan bahwa saat puasa suhu tubuh akan menurun. Dikhawatirkan bila langsung minum es atau air bersuhu dingin saat buka puasa, tubuh akan kaget.

"Coba cek, sewaktu puasa, suhu tubuh kita menghangat. Sehingga akan lebih baik minum air hangat saat buka puasa," pesan Saptwati, ditulis Selasa (5/6/2018).

Suhu air yang dingin atau panas juga tak membuat nyaman tenggorokan. Sementara, suhu air yang hangat akan nyaman di tenggorokan yang selama belasan jam tidak minum.

"Selain itu, jika buka puasa langsung minum air dingin, membutuhkan waktu bagi lambung menyesuaikannya," katanya.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Batasi minuman manis

Saptawati juga menyarankan saat buka puasa untuk tidak berlebihan mengonsumsi makanan atau minuman manis. Menurutnya, minuman atau makanan manis itu tinggi kalori, jika dikonsumsi berlebihan bisa menjadi lemak di tubuh.

"Kita kan dianjurkan untuk makan satu kurma. Tapi apa, kebiasaan orang kita makan satu mangkuk kolak dengan banyak gula," terangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.