Sukses

Ini Manfaat Berpuasa untuk Kesehatan Kulit

Liputan6.com, Jakarta Berpuasa sudah menjadi kewajiban bagi umat Muslim selama bulan Ramadan. Namun, menjaga penampilan agar tetap terlihat segar dan menarik juga penting untuk menjaga kesehatan serta agar tidak terlihat lemas.

Tahukah Anda, bahwa sesungguhnya berpuasa memiliki manfaat kesehatan bagi kulit?

Mengutip Livestrong pada Kamis (31/5/2018), puasa yang dilakukan dengan waktu pendek saja mampu menghambat kondisi kulit tertentu dan detoksifikasi kotoran.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Toxicology Pathology menemukan, puasa dapat mengurangi pembengkakan dermal yang diakibatkan oleh iritasi kulit atau alergi, yang dihasilkan dari kontak pada objek atau substansi tertentu atau contact dermatitis.

Studi lain seperti yang diterbitkan di Journal of Dermatology juga menuliskan, puasa efektif hilangkan gatal-gatal pada seorang wanita berusia 28 tahun dalam 11 hari. Bahkan, 3 hari setelah dia berhenti puasa, gatal-gatal tersebut kembali menyerangnya.

Simak juga video menarik berkut ini: 

2 dari 2 halaman

Membantu Hilangkan Jerawat dan Eksim

Bahkan, menurut Skinverse, puasa jangka pendek bisa membantu menghilangkan jerawat dan eksim. Hal ini kemungkinan disebabkan karena tubuh dibebaskan dari kerja pencernaan dan memfokuskan sistem regeneratifnya pada sistem lain.

Walaupun begitu, hal ini juga harus didukung oleh konsumsi makanan yang tepat saat berbuka puasa. Terutama, jika Anda kerap merasakan sakit kepala atau gejala-gejala lain ketika berpuasa.

Skinverse menganjurkan, ketika makan malam, konsumsilah jus buah atau makanan dengan porsi yang kecil.

Loading
Artikel Selanjutnya
Jarang Diketahui, Deretan Manfaat Baby Oil Bagi Orang Dewasa